Tribun Kesehatan

Virus Corona

Aman Merawat Gigi Saat Pandemi, Perlukah Membawa Surat Bebas Covid-19 Saat ke Dokter Gigi?

- Saat pandemi Covid-19 terdapat kekhawatiran masyarakat melakukan pengobatan di fasilitas kesehatan, terlebih ketika sakit gigi. Amankah?

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Anita K Wardhani
Aman Merawat Gigi Saat Pandemi, Perlukah Membawa Surat Bebas Covid-19 Saat ke Dokter Gigi?
facebookdrg RNgt Anastasia Ririen Pramudyawati
drg RNgt Anastasia Ririen Pramudyawati 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Saat pandemi Covid-19 terdapat kekhawatiran masyarakat melakukan pengobatan di fasilitas kesehatan, terlebih ketika sakit gigi.

Dokter gigi di RS Permata Pamulang drg RNgt Anastasia Ririen Pramudyawati mengatakan, masyarakat kini dapat aman pergi ke dokter gigi selama pandemi Covid-19.

Alasannya, kini dalam pratik melayani pasien dokter gigi telah menerapkan standar perlindungan maksimal seperti menggunakan alat perlindungan level 3 maupun ruangan yang didesain khusus.

"Banyak rumah sakit dan klinik sudah menyiapakan perlengkapan yang aman terkait pandemi baik dokternya maupun alat-alat perlindungan di poli giginya sehingga aman semua pihak," ujar dia seperti dikutip dalam youtube Tribunnews.com.

Baca: Ingin Gembira di Masa Pandemi? Jadilah Sahabat untuk Anak

Baca: Amankah ke Dokter Gigi Saat Pandemi Covid-19 ? Berikut Penjelasan Dokter Anastasia

Drg Anastasia Ririen Pramudyawati
Drg Anastasia Ririen Pramudyawati (Tribunnews.com/ Reza Deni)

Kepada Tribuners, pembaca Tribunnews.com, pengasuh ribrik Konsultasi Gigi dan Mulut Tribunnews.com ini sebagai narasumber dalam Live Talk Show Sapa Dokter bersama Tribunn Netwrork dan Wartakota, bertajuk Aman Merawat Gigi di Masa Pandemi, Minggu (4/10/2020).

Nah, dalam pembahasan kali ini dokter yang akrab disapa dokter Ana ini menyarankan sebelum Anda bergegas ke layanan kesehatan untuk berobat, ada baiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau customer service klinik kesehatan tersebut secara daring atau telemedicine.

"Selama bukan kasus yang gawat, idealnya hubungi dulu, konsultasi dulu dokter yang akan didatangi. Beberapa kasus mungkin bisa lewat konsultasi telemedicine tapi beberapa kasus harus segera ke poli gigi," ungkapnya.

Ia mengatakan, untuk kasus-kasus sedang dan harus ditangani klinik di rumah sakit sebaiknya pasien datang dengan membawa hasil tes covid-19.

"Idealnya membawa hasil covid-19. Tapi jika kasusnya emergency sangat penting sekali segera tindakan maka akan ditangani langsung menggunakan prosedur khusus untuk protap pandemi," ujarnya.

Apalagi, jika saat sakit gigi juga mengalami gejala yang berkaitan dengan Covid-19 seperti batuk atau sesak nafas.

"Kalau ada gejala seperti itu lakukan pemerikasaan covid-19, kan ada yang sekarang hasilnya cepat terlihat, ujarnya.
Yuk simak program Sapa Dokter Tribunnews.com di video ini

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas