Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Aktif dari Rumah

Fokus Belajar Dari Rumah, Jangan Biarkan Anak Kurang Bergerak

Ketika belajar dari rumah, anak akan terfokus pada layar gadget dan akan duduk seharian, sehingga membuatnya tidak aktif bergerak.

BizzInsight
Fokus Belajar Dari Rumah, Jangan Biarkan Anak Kurang Bergerak
Shutterstock
Ilustrasi belajar daring. 

TRIBUNNEWS.COM - Memasuki tahun ajaran baru di tengah pandemi yang masih berlangsung membuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengambil kebijakan agar kegiatan belajar mengajar dilangsungkan tanpa tatap muka alias Belajar Dari Rumah (BDR).

Dalam pelaksanaanya, ketika belajar dari rumah, anak akan terfokus pada layar gadget dan akan duduk seharian, sehingga membuatnya tidak aktif bergerak.  

Bila berlangsung dalam waktu lama, cepat atau lambat tentunya akan berdampak pada kesehatan anak.

Mulai dari mata kering hingga konsentrasi menurun, karena tulang belakang menjadi tegang akibat terlalu lama membungkuk atau melengkung. Kurangnya aktivitas fisik juga dapat menyebabkan fungsi otak menurun. 

Untuk itu, sebagai orangtua, dukunglah anak untuk tetap melakukan aktivitas fisik selama menjalankan sistem pembelajaran jarak jauh. 

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengungkapkan bahwa aktivitas fisik pada anak bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan otot, mengurangi risiko obesitas, membuat anak merasa gembira dan percaya diri serta mengasah perkembangan otak anak.

Nah, agar tumbuh kembang anak tidak terganggu, Anda bisa menyiasatinya dengan mengajak anak melakukan beberapa aktivitas menyenangkan berikut ini!

Berolahraga 

Sudah jelas bahwa olahraga merupakan aktivitas fisik yang sangat menyehatkan tubuh. Untuk anak usia sekolah, American Academy of Pediatrics menganjurkan durasi untuk aktivitas fisik paling sedikit 60 menit sehari. 

Jumlah tersebut tidak perlu dilakukan langsung dalam satu waktu, tetapi dapat membaginya ke dalam beberapa jenis aktivitas dengan durasi yang lebih singkat.

Beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah bersama anak diantaranya yaitu senam aerobik atau yoga. 

Selain itu, tidak harus dilakukan di dalam rumah saja, Anda juga bisa mengajak anak untuk olahraga bersama di halaman rumah seperti bermain bulu tangkis, lempar bola, lompat tali, atau sepak bola.

Selain anak dapat bergerak lebih leluasa, berolahraga di tempat terbuka seperti teras dan halaman rumah juga membuat tubuh berkesempatan untuk mendapatkan sinar matahari yang menyehatkan.

Bermain permainan tradisional

Selain berolahraga, bermain permainan tradisional juga bisa jadi aktivitas fisik yang menyenangkan Anda bisa mengajak anak untuk bermain petak umpet, engklek, atau ular naga.

Ilustrasi bermain petak umpet 2710
Ilustrasi bermain petak umpet bersama anak di rumah.

Tak hanya menyenangkan, dengan bermain permainan tradisional Anda bisa memperkenalkan nilai gotong royong, serta mendukung perkembangan psikomotorik, kesehatan fisik dan mental, memperkuat daya tahan tubuh, dan perkembangan sejumlah aspek psikologis lainnya pada anak.

Membersihkan rumah

Jika Bunda biasa melakukan banyak pekerjaan rumah sendiri, kali ini mungkin bisa mengajak anak untuk membantu.

Tidak cuma aktif bergerak, bersih-bersih bisa menjadi sarana Anda untuk mengajarkan anak disiplin, bertanggung jawab serta membuatnya lebih menghargai dan menjaga kebersihan.

Tak perlu melakukan tugas yang berat, Anda bisa memberikan pekerjaan rumah yang ringan seperti menyiram tanaman, membersihkan mainan, atau membantu Anda memisahkan pakaian sesuai dengan jenisnya.

Untuk menyeimbangkan aktivitas fisik yang dilakukan anak, jangan lupa untuk terus memperhatikan asupan nutrisi anak. Pastikan anak mendapatkan nutrisi baik dan energi yang cukup dari asupan yang dikonsumsinya.

Milo kotak bisa menjadi salah satu asupan yang Anda berikan untuk mengisi kembali energi anak setelah melakukan aktivitas fisik. 

MILO kotak disertai dengan Activ-Go, yang terbuat dari ekstrak malt, susu, cokelat dan kombinasi 5 vitamin (B2, B3, B6, & B12) dan 3 mineral (Kalsium, Zat Besi, & Fosfor) yang berperan untuk melepaskan energi dan mendukung aktivitas anak sepanjang hari.

Jadi, selama anak sekolah dari rumah, pastikan ia tidak kurang gerak, serta cukupi kebutuhan energinya setiap hari.

Penulis: Nurfina Fitri Melina/Editor: Dana Delani

Ikuti kami di
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas