Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Asupan Zat Gizi Penting untuk Menunjang Sistem Imun Berfungsi Secara Optimal

peningkatan aktifitas ini disertai peningkatan metabolisme, yang memerlukan sumber energi dan bahan untuk biosintesa dan molekul pengatur

Asupan Zat Gizi Penting untuk Menunjang Sistem Imun Berfungsi Secara Optimal
Kemenkes
Makanan Bergizi Seimbang

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hingga kini permasalahan gizi seperti stunting, obesitas, dan kurangnya konsumsi makanan dengan gizi seimbang, selalu masih menjadi tiga permasalahan gizi utama di Indonesia.

Pakar gizi, dr Johanes Chandrawinata SpGk MND mengatakan, mengentaskan permasalahan gizi terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini menjadi semakin krusial.

Pandemi Covid-19 ini mengharuskan kita untuk menjaga daya tahan tubuh yang optimal dan pada saat yang sama juga menjaga serta memperbaiki kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit.

"Sistem imun selalu aktif melaksanakan pengawasan, namun aktifitasnya meningkat jika individu terkena infeksi," katanya saat Webinar yang akan dilaksanakan oleh PT Ajinomoto Indonesia dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dalam rangka hari Hari Gizi Nasional 2021 setiap tanggal 25 Januari.

Baca juga: Wacana JK dan Megawati Maju Pilpres 2024, Pengamat : Senior Turun Gunung Karena Tren Mengizinkan 

Dikatakannya, peningkatan aktifitas ini disertai peningkatan metabolisme, yang memerlukan sumber energi dan bahan untuk biosintesa dan molekul pengatur.

Sumber energi dan bahan molekul pengatur ini tentunya berasal dari diet.

"Karena itu kecukupan asupan berbagai jenis zat gizi sangat penting untuk menunjang sistem imun berfungsi secara optimal,” ujar pria yang akrab disapa Dr. Jo tersebut.

Menurut dia, melakukan diet rendah garam menjadi salah satu cara untuk mencegah munculnya penyakit degeneratif, dengan mencegah hal tersebut, peluang kita untuk menjaga sistem imun semakin tinggi.

Sudah banyak penelitian tentang penurunan asupan natrium (garam).

Baca juga: Tips Diet untuk Atasi Kulit Berjerawat, Ini Makanan yang Perlu Dikonsumsi dan Wajib Dihindari

Penelitian terbaru tahun 2020 dalam Journal of Food Science juga membuktikan peran MSG dalam menjaga rasa nikmat makanan walaupun kadar natrium nya dikurangi antara 30-60%.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas