Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kesehatan

Asam Lambung Naik? Ini Empat Bahan Alami yang Bisa Membantu Mengendalikannya

Ada banyak obat asam lambung yang bisa didapatkan di apotik. Namun, tanpa obat apotik, kita bisa menyembuhkan sakit asam lambung dengan bahan alami

Asam Lambung Naik? Ini Empat Bahan Alami yang Bisa Membantu Mengendalikannya
freepik
Manfaat kulit pisang untuk kecantikan kulit 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Ada banyak obat asam lambung yang bisa didapatkan di apotik. Namun, tanpa obat apotik, kita bisa menyembuhkan sakit asam lambung dengan bahan-bahan alami berikut ini.

Asam lambung dibutuhkan tubuh untuk mencerna makanan. Namun, masalah terjadi saat jumlah asam lambung terlalu tinggi dan tak terkontrol. Anda perlu mengonsumsi obat asam lambung supaya kondisi kesehatan Anda tak semakin parah.

Salah satu tanda jumlah asam lambung tinggi adalah heartburn atau sensasi panas. Biasanya, gejala itu muncul di sekitar perut hingga saluran pencernaan atas. Heartburn yang terlalu parah bisa menyebabkan Anda mengalami nyeri dada sehingga hal itu perlu Anda hindari.

Sebenarnya, ada banyak obat yang bisa Anda temukan di apotek. Namun, tak ada salahnya untuk mencoba bahan-bahan alami supaya asam lambung lebih terjaga. Namun, usahakan untuk konsultasi dengan dokter sebelum Anda mengonsumsi bahan-bahan ini secara rutin.

Nanas
Tahukah Anda bahwa nanas bisa dimanfaatkan sebagai obat asam lambung? Femina India (femina.in) mengatakan bahwa bromelain yang terdapat dalam nanas bisa mengatasi gejala asam lambung tinggi, seperti heartburn. Anda hanya perlu mengonsumsi segelas jus nanas, apalagi setelah mengonsumsi makanan pedas.

Daun Mint
Asam lambung tinggi juga bisa diatasi dengan daun mint, lo. Bahan alami itu mampu memberikan efek sajuk sehingga sensasi terbakar dan rasa sakit akibat meningkatnya asam lambung dapat teratasi dengan baik.

Selain meredakan gejala asam lambung, daun mint juga bisa menurunkan jumlah asam lambung dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Untuk mendapat manfaat itu, Anda hanya perlu mengonsumsi air rebusan daun mint secara rutin.

Pisang
Melansir Femina India, asam lambung tinggi bisa diobati dengan pisang. Jenis buah itu mengandung banyak serat dan kalium. Kalium dapat meningkatkan produksi lendir sehingga jumlah asam lambung dan efek asam lambung tinggi bisa dihindari.

Jahe
Bahan alami selanjutnya yang efektif dijadikan obat asam lambung adalah jahe. Kandungan dalam jenis rempah itu mampu megurangi peradangan, mengendurkan otot, dan mengurangi mual akibat jumlah asam lambung yang terlalu tinggi.

Tidak berhenti sampai di situ, jahe pun dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mengobati infeksi flu. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah. Pertama, campur 1 sdm jahe, 1 sdm air lemon, dan 2 sdm madu dalam segelas air hangat. Konsumsi air campuran itu hingga kondisi tubuh membaik.

Artikel ini telah tayang di kontan.co.id dengan judul Cara mengatasi asam lambung tanpa obat apotik, gunakan bahan alami ini

https://kiaton.kontan.co.id/news/cara-mengatasi-asam-lambung-tanpa-obat-apotik-gunakan-bahan-alami-ini

Ikuti kami di
Editor: Muhammad Barir
Sumber: Kontan
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas