Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penuhi Kebutuhan Nutrisi pada Anak Lewat Metode Jam Makan Serat

Makanan mengandung serat masih belum menjadi perhatian serius banyak orang tua di Indonesia.

Penuhi Kebutuhan Nutrisi pada Anak Lewat Metode Jam Makan Serat
iStock
Makanan mengandung serat masih belum menjadi perhatian serius banyak orang tua di Indonesia. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kandungan serat pada makanan amat dibutuhkan oleh tubuh kita. Hal ini dikarenakan serat memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya adalah agar sistem pencernaan bisa bekerja dengan optimal. 

Sistim pencernaan penting untuk dijaga karena 70% komponen sistem daya tahan tubuh terdapat pada pencernaan. Selain itu, sistim pencernaan merupakan faktor penting untuk mendukung tumbuh kembang dan kesehatan, khususnya pada anak. 

Sayangnya, konsumsi makanan berserat pada anak-anak masih harus terus didorong. Ini disebabkan makanan mengandung serat masih belum menjadi perhatian banyak orang tua di Indonesia.

Kecukupan serat anak Indonesia masih belum memenuhi standar rekomendasi asupan serat harian. 

"Ngerasa anak susah makan, yang penting makan deh, karena picky eater jadinya nyerah, enggak sempat mikirin serat," terangnya Konferensi Pers Peluncuran Program Kampanye “Jam Makan Serat” pada Kamis (03/06/2021).

Baca juga: Asupan Serat untuk Pemenuhan Nutrisi Anak Demi Kesehatan Pencernaannya

Karenanya, Bebelac Club meluncurkan kampanye Jam Makan Serat”. Tujuannya untuk memudahkan orangtua memastikan asupan serat harian anaknya tercukupi.
Shiera Syabila Maulidya, 

Baca juga: Selain Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi, Lansia Perlu Olahraga agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar

Di dalam kampanye tersebut, Bebelac meluncurkan gerakan “Tantangan 21 Hari Makan Serat” serta Modul Edukasi 21 Hari Makan Serat. Gerakan ini mengajak anak untuk mengkonsumsi makanan tinggi serat beberapa kali diantara waktu makan, yaitu jam 10 pagi, 2 siang dan 8 malam.

Baca juga: Edukasi Dokter Spesialis Gizi Ini Layak Jadi Perhatian Lansia agar Tetap Bugar di Masa Pandemi

Diharapkan kegiatan ini dapat membentuk kebiasaan makan serat pada saat makan utama maupun saat snacking untuk dukung kesehatan pencernaan si Kecil. Guna mendukung para ibu melakukan tantangan 21 hari makan serat, Bebeclub juga menyediakan e-booklet yang dapat diunduh secara gratis. 

Pada e-booklet tersebut, Ibu bisa mendapatkan lebih banyak informasi dan inspirasi dalam menjalankan gerakan ini. Bebelac Gold juga menyediakan sejumlah fitur bantuan bagi orangtua untuk memenuhi kebutuhan serat anaknya. 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan termasuk dengan menggunakan fitur Tummypedia di situs www.bebeclub.id. Fitur ini memudahkan orangtua melakukan pengecekan kondisi pencernaan buah hatinya hanya dengan tiga langkah muda.

Pertama, lewat deteksi kotoran berdasarkan pada bentuk, warna dan teksturnya. Lewat aplikasi tersebut, ibu dapat memotret dan langsung mendapatkan analisis terkait. 

Kedua yaitu kalkulator nutrisi untuk menghitung jumlah asupan serat harian anak. Dan terakhir yaitu dengan mengunduh hasil laporan Tummypedia ini untuk menjadi diagnosis awal dokter.

Ikuti kami di
Penulis: Aisyah Nursyamsi
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas