Tribun Kesehatan

Sakit Gigi saat Pandemi, Lebih Baik Ditahan, Dicabut atau Ditambal?

Apabila sakit gigi yang dialami tidak tertahankan lagi, bisa melakukan kunjungan ke dokter gigi terdekat dengan mengikuti protokol kesehatan lengkap.

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Sakit Gigi saat Pandemi, Lebih Baik Ditahan, Dicabut atau Ditambal?
istimewa
Ilustrasi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - drg. Christine Hendriono, sp. KG, Fisid mengatakan ada beberapa hal yang bisa dilakukan di rumah untuk meringankan rasa sakit gigi selama masa pandemi Covid-19. 

Menurut dia, langkah yang bisa dilakukan yaitu berkumur air garam di sisi gigi yang sakit, sikat gigi bersih di bagian yang sakit tersebut (dicek jangan ada sisa makanan tertinggal).

"Dan untuk sementara bisa dibantu dengan mengkonsumsi obat pereda nyeri seperti asam mefenamat ataupun ibuprofen," kata dia, dalam keterangannya, pada Senin (6/9/2021).

Apabila sakit gigi yang dialami tidak tertahankan lagi, bisa melakukan kunjungan ke dokter gigi terdekat dengan mengikuti protokol kesehatan lengkap. Gigi penyebab sakit tersebut akan dicek dan dianalisa.

Baca juga: Amankah Pergi ke Dokter Gigi Saat Pandemi Covid-19? Ini Penjelasannya

Apabila kondisi gigi tersebut tidak patah sampai ke akar, tidak goyang, ataupun bukan merupakan gigi bungsu, maka gigi tersebut umumnya dapat dilakukan perawatan saraf gigi untuk dapat dipertahankan.

"Pencabutan gigi hanya disarankan dilakukan untuk kondisi gigi yang tidak memungkinkan untuk dipertahankan lagi," ujarnya.

Di masa pandemi ini J•Smile Dental telah menjalankan standar SOP dengan mengikuti anjuran Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI).

Tempat ini mewajibkan dokter dan perawat mengenakan APD level 3, membatasi jumlah pasien.

Menggunakan lampu UV di area praktek, menambah Hepa - filter pada AC agar udara keluar dan masuk lebih bersih.

Sebagai klinik gigi yang berkiblat pada trend dan teknologi Jepang yang populer dengan kecanggihannya, drg. Christine menjamin layanan treatment yang ditawarakan J•Smile Dental terbukti berkualitas.

Klinik ini juga menawarkan berbagai treatment gigi salah satunya adalah penambalan gigi.

"Pada masa pandemi ini, tidak sedikit yang datang dengan keluhan sakit gigi yang dimana J•Smile Dental akan memberikan solusi yang terbaik kepada pasien," tambahnya.

Untuk diketahui, J•Smile Dental yang memiliki akun Instagram yaitu @drg.christine  menawarkan berbagai treatment gigi, baik perawatan maupun aesthetic.

drg. Christine Hendriono, sp. KG, Fisid dapat mempertahankan kualitas dari semua klinik dan berhasil memiliki 4 cabang klinik di daerah Jakarta.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas