Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Bantu Komunikasi Sahabat Tuli, Bowin dan Surya Sahetapy Luncurkan Masker Khusus

Bowin Indonesia berinovasi membuat masker kain kombinasi dengan mika transparan di bagian tengah.

Bantu Komunikasi Sahabat Tuli, Bowin dan Surya Sahetapy Luncurkan Masker Khusus

TRIBUNNEWS.COM – Di saat kita harus tetap menegakkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, ada pula kelompok masyarakat yang justru mengalami kesulitan untuk berkomunikasi, yaitu sahabat tuli. 

Kenyataan ini cenderung terlupakan oleh masyarakat. Mereka, para sahabat tuli, mengalami kesulitan saat berkomunikasi lantaran harus tetap menggunakan masker.

Misalnya, saat para sahabat tuli bepergian ke supermarket, bank, rumah sakit, dan tempat lainnya. Mereka mengalami kesulitan mengakses pelayanan lantaran lawan bicara dan orang sekitar juga menggunakan masker untuk mengobrol. 

Bagi para sahabat tuli yang sangat mengandalkan komunikasi lewat bahasa isyarat dan membaca gerak bibir lawan bicara, hal tersebut cukup menyulitkan. Terlebih, pelayan publik pemerintah maupun swasta yang cakap bahasa isyarat pun masih minim.

Berangkat dari permasalahan tersebut, aktor yang juga aktivis serta juru bahasa isyarat khusus orang tuli, Surya Sahetapy, menginisiasi pembuatan masker khusus sahabat tuli bersama Bowin Indonesia

“Saya sangat prihatin dengan kondisi teman-teman tuli di Indonesia yang kesulitan untuk melakukan kegiatan sehari-hari karena komunikasinya sangat terhambat dan belum ada solusi yang konkret,” kata Surya, dikutip dari rilisan pers yang diterima Tribunnews, Jumat (17/9/2021).

Menurutnya, kebanyakan masker khusus tuli dibuat hanya transparan penuh semuanya dengan tujuan untuk memudahkan membaca gerak bibir bagi sahabat tuli.

Namun, hal ini justru menimbulkan masalah lantaran pengguna masker tersebut justru mengalami kesulitan bernapas dan mudah berembun, sehingga makin sulit untuk membaca gerak bibir. 

Setelah melalui proses pengembangan dan uji coba masker, Bowin Indonesia berinovasi membuat masker kain kombinasi dengan mika transparan di bagian tengah. Bagian kain pada masker memiliki total 4 lapisan sehingga udara dapat masuk dan tersaring dengan baik. 

Khusus untuk bagian mika dibuat dengan ukuran cukup lebar yaitu 5.5 x 9.5 cm untuk memperlihatkan bagian bibir secara jelas saat berbicara.

Selain itu, desain 4D memungkunkan terdapat jarak antara bibir dengan kaca mika, sehingga tidak membuat sesak napas dan masker tidak akan berembun.

Sebagai tambahan, masker ini juga dilengkapi dengan stopper dibagian earloop sehingga ukuran dapat disesuaikan dengan kenyamanan pengguna. Keunggulan lainnya adalah masker ini bisa dibersihkan dan digunakan berulang kali sehingga lebih ekonomis.

Masker Khusus Sahabat Tuli 123

Edwin Tanbowi, founder Bowin Indonesia menyampaikan komitmennya untuk memberikan perlindungan kesehatan bagi sahabat tuli.

“Kami berkomitmen memberikan solusi inovatif untuk perlindungan udara bagi sahabat tuli dan yang paling penting juga kami akan melakukan donasi masker bagi sahabat tuli yang pra-sejahtera, beli 1 = donasi 1 masker,” ujarnya. 

Ayo, ikuti gerakan #MaskerSahabatTuli ini untuk memudahkan sahabat tuli berkomunikasi sehari-hari di tengah pandemi! Beli 1 masker Bowin sama dengan berdonasi 1 masker bagi sahabat tuli.

Admin: Sponsored Content
Ikuti kami di
Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas