Tribun Kesehatan

Sembuhkan Insomnia Hingga Nyeri Otot, Ini 6 Manfaat Kerokan Bagi Kesehatan

Tahukah Anda, selain bisa mengusir masuk angin, kerokan punya beragam manfaat kesehatan lho!

Admin: Sponsored Content
Sembuhkan Insomnia Hingga Nyeri Otot, Ini 6 Manfaat Kerokan Bagi Kesehatan
Kompas.com
Ilustrasi nyeri leher. Penyakit satu ini ternyata bisa disembuhkan dengan kerokan. 

TRIBUNNEWS.COM – Sudah menjadi tradisi turun menurun Bangsa Indonesia, terapi tradisional kerokan telah menjadi bagian gaya hidup, bahkan dipercaya dapat mengatasi masuk angin secara cepat. Walupun keberadaannya sangat penting dan tak bisa dipandang sebelah mata, faktanya masih banyak pro dan kontrak terkait pengobatan tradisional satu ini.

Namun begitu, tak bisa dipungkiri, di zaman dengan teknologi medis yang sudah canggih seperti sekarang ini, kebiasaan kerokan masih banyak ditemukan, bahkan dinikmati berbagai golongan dan strata sosial, serta diterapkan pada orang dewasa sampai anak-anak.

Tapi yang menarik, tahukah Anda, selain bisa mengusir masuk angin, kerokan punya beragam manfaat kesehatan lho!  Tak percaya? Berikut list manfaat kerokan bagi kesehatan.

Mengatasi rasa cemas

Sering merasa cemas? Mungkin kerokan bisa jadi cara yang tepat! Ini semua bisa terjadi berkat manfaat kerokan yang mampu mengurangi ketegangan otot sehingga tubuh menjadi rileks, dan berdampak dalam mengatasi rasa cemas.

Jadi jika merasa cemas, tak akan salah mencoba kerokan yah!

Mengatasi insomnia

Banyak yang belum sadar, jika kerokan bisa menjadi pengobatan untuk mengatasi insomnia. Mengutip Healthline, permukaan kulit yang dikerok hingga merah berpasir sangat efektif dalam menghangatkan tubuh, sehingga tidur jadi lebih nyenyak.

Jadi daripada minum obat, jika insomnia langsung kerokan saja!

Meredakan migrain

Mengalami migrain yang menyiksa hingga menganggu aktivitas sehari-hari? Jika iya, ternyata kerokan bisa meredakannya lho!

Melansir Healthline, sebuah penelitian mengungkapkan, dalam sebuah kasus seorang wanita berusia 72 tahun berhasil sembuh dari sakit kepala kronis setelah menjalani terapi kerokan selama 14 hari.

Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan jika kerokan mampu meredakan sakit kepala migrain, bahkan yang sudah kronis sekalipun.

Mengurangi nyeri leher

Otot tertarik hingga syarat kejepit kerap kali jadi penyebab munculnya nyeri pada lehar. Gangguan kesehatan sat ini pun biasanya sulit diatasi, dan membuat penderitanya kesakitan saat menggerakkan leher.

Namun untungnya, kerokan dipercaya mampu mengatasi nyeri leher!

Hal ini terbukti secara ilmiah dari sebuah penelitian yang dilakukan untuk menguji efektifitas kerokan dalam mengatasi nyeri leher. Hasilnya terungkap jika seminggu setelah melakukan terapi kerokan, rasa sakit di leher dapat disembuhkan.

Maka dari itu, kerokan bisa jadi lebih efektif daripada koyo saat Anda mengalami nyeri leher.

Meredakan gangguan tenggorakan

Tak hanya mampu mengatasi gangguan kesehatan di atas, kerokan juga dipercaya dapat meredakan ganggungan pada tenggorakan. Tapi perlu dicatat, untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, terapi kerokan harus dikombinasikan dengan pengobatan akupuntur untuk meredakan gangguan tenggorakan.

Selain itu, kerokan juga dipercaya mengatasi Sindrom Tourette, yakni kedutan di wajah hingga memulihkan suara yang serak.

Mengatasi pegal linu

Pegal linu tak sembuh-sembuh? Bagaimana jika mengatasinya dengan kerokan! Itu karena aktivitas mengerok permukaan kulit dapat melancarkan aliran darah dalam tubuh. Maka itu, kerokan berperan penting mengatasi gangguan kesehatan, satu di antaranya pegal linu, yang disebabkan peredaran darah kurang lancar.

Tapi uniknya, walaupun kerokan merupakan pengobatan tradisional yang biasanya menggunakan minyak atau balsem dengan sebuah koin, teknik kerokan terus berevolusi hingga kini hadir sebuah inovasi kerokan bernama Qerik!

qerik obat masuk angin

Dirancang tetap melestarikan budaya kerokan namun jauh lebih higienis dan aman, Qerik memiliki desain tutup menyerupai cula badak yang aman dan nyaman ketika digunakan. Tak hanya itu, disesuaikan dengan ukuran jari jemari, Qerik memiliki tube yang mudah digenggam.

Berkat desain tersebut, isi balsem pun mudah dikeluarkan dari tube saat melakukan proses kerokan.

Hadir dalam warna oranye, Qerik original dengan sensasi hangat yang tahan lama bisa didapatkan secara online di Official Store Sinde Budi Sentosa dan Warisan Hayam Wuruk Tangerang di Tokopedia, serta Official Store Sinde Budi Sentosa dan Warisan Hayam Wuruk Tangerang di Shopee.

Informasi lebih lanjut bisa mengunjungi Instagram dan Facebook Qerik.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas