Tribun Kesehatan

Hasil Penelitian Jepang: Cedera Leher Tulang Belakang Lebih Cepat Pulih Jika Segera Dioperasi

Cedera tulang belakang leher yang disebabkan oleh jatuh dan kecelakaan lalu lintas meningkat dengan cepat seiring bertambahnya usia.

Editor: Dewi Agustina
Hasil Penelitian Jepang: Cedera Leher Tulang Belakang Lebih Cepat Pulih Jika Segera Dioperasi
Foto SCIProgress
Ilustrasi cedera leher tulang belakang. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Hasil penelitian para ahli Jepang membuktikan bahwa cedera leher tulang belakang akan cepat pulih jika segera dioperasi dalam waktu 24 jam setelah kecelakaan.

Kelompok penelitian Universitas Gunma telah merangkum hasil penelitian bahwa cedera tulang belakang leher yang disebabkan oleh jatuh atau kecelakaan lalu lintas, jika operasi dilakukan dalam waktu 24 jam setelah cedera, pemulihan kelumpuhan pada anggota badan akan lebih cepat.

Kelompok peneliti berharap sistem pengobatan dini akan menyebar luas.

Hasil penelitian diungkapkan Profesor Hirotaka Chikuda dari Sekolah Pascasarjana Kedokteran, Universitas Gunma dan kelompok penelitian yang dipimpin oleh Universitas Tokyo.

Menurut kelompok tersebut, cedera tulang belakang leher yang disebabkan oleh jatuh dan kecelakaan lalu lintas meningkat dengan cepat seiring bertambahnya usia, dan kelumpuhan sering terjadi pada anggota badan, yang membuat beban perawatan jangka panjang menjadi masalah.

Baca juga: Jonatan Christie Sudah Berangsur Membaik Cedera Punggungnya

Menanggapi situasi ini, kelompok peneliti menyelidiki status pemulihan 70 pasien yang menjalani operasi dalam waktu 24 jam setelah cedera.

Mereka yang menjalani operasi setelah 2 minggu, dan sebagai hasilnya, dibandingkan dengan operasi dalam waktu 24 jam, ternyata yang dioperasi dalam waktu 24 jam memiliki pemulihan lebih cepat dari kelumpuhan.

Di sisi lain, dalam situasi saat ini di Jepang, hanya 20 persen kasus yang dioperasi dalam waktu 24 jam setelah cedera.

"Diharapkan pedoman termasuk hasil penelitian ini akan dibuat di masa depan, dan perawatan dini untuk operasi dalam waktu 24 jam di fasilitas khusus akan menyebar lebih lanjut," ungkap kelompok peneliti tersebut.

Sementara itu beasiswa (ke Jepang), belajar gratis di sekolah bahasa Jepang di Jepang, serta upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif melalui aplikasi zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang. Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas