Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Apa Saja Gejala Hepatitis yang Umum pada Anak?

Gejala lainnya yang muncul termasuk diantaranya demam, sakit perut, urine berwarna gelap dan tinja (feses) berwarna pucat.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Apa Saja Gejala Hepatitis yang Umum pada Anak?
Freepik
Ilustrasi anak sakit 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, ALABAMA - Ahli Penyakit Menular Pediatrik di University of Alabama di Birmingham, Amerika Serikat (AS), Dr Markus Buchfellner menyebutkan sejumlah gejala umum yang muncul pada pasien hepatitis, termasuk hepatitis yang menyerang kelompok anak dan tidak dapat diketahui penyebabnya.

Beberapa diantaranya perubahan warna pada bagian mata dan kulit.




"Gejala besar yang membuat semua anak-anak ini berbeda adalah mereka semua menunjukkan tanda-tanda penyakit kuning, yaitu warna kekuningan pada kulit dan mata," kata Dr Buchfellner.

Baca juga: Kasus Hepatitis Akut pada Anak Melonjak, Para Ilmuwan Sibuk Pelajari Gejala dan Penyebabnya

Dikutip dari laman NBC News, Senin (16/5/2022), selain gejala penting dari kasus hepatitis yang tidak biasa ini, kata dia, sebagian besar pasien mengalami mual dan muntah, serta kelelahan yang parah hingga kehilangan nafsu makan.

Gejala lainnya yang muncul termasuk diantaranya demam, sakit perut, urine berwarna gelap dan tinja (feses) berwarna pucat.

Sementara itu Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) telah meminta para orang tua untuk mewaspadai gejala hepatitis yang muncul pada anak-anak mereka.

Baca juga: Cegah Hepatitis pada Anak, Ahli Ingatkan Orangtua Terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat

BERITA TERKAIT

Termasuk demam dan kelelahan, mual dan muntah, sakit perut, nyeri sendi, penyakit kuning yang ditandai menguningnya bagian putih mata atau kulit, serta perubahan dalam warna urine dan feses.

"Jika salah satu dari gejala tersebut muncul, orang tua harus menghubungi dokter anak mereka secepat mungkin," tegas CDC AS.

Lembaga tersebut juga menekankan bahwa para orang tua harus memastikan anak mereka mendapatkan informasi terbaru tentang semua vaksinasi serta disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti sering mencuci tangan, menghindari orang yang sakit, menutupi hidung dan mulut ketika batuk dan bersin, serta menghindari menyentuh mata, hidung maupun mulut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas