Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Kemandulan Bisa Terjadi pada Pria, Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya

nfertilitas selama ini identik sebagai masalah pada perempuan. Padahal berdasarkan data, lebih dari 50 persen penyebab kemandulan justru dari pria.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Kemandulan Bisa Terjadi pada Pria, Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya
Kemandulan Bisa Terjadi pada Pria, Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA --Kemandulan atau infertilitas selama ini identik sebagai masalah pada perempuan.

Padahal berdasarkan data, lebih dari 50 persen penyebab kemandulan justru dari pria.




Untuk itu dianjurkan melakukan analisis sperma yang sebaiknya dilakukan sebelum melakukan pernikahan.

Baca juga: Apa Saja Faktor Keberhasilan Bayi Tabung? Ini Kata Dokter Fertilitas

Sehingga apabila terjadi sesuatu yang mengharuskan untuk dilakukan terapi dapat ditindaklanjuti sedari dini.

Dokter spesialis Andrologi dari Unair Supardi mengatakan, ada beragam faktor yang dapat menyebabkan pria menjadi infertil seperti infeksi saluran kandung kemih, gangguan pada cairan sperma, sumbatan pada saluran sperma, masalah imunitas, cedera dan faktor genetik.

“Varikokel adalah contoh kasus yang menyebabkan infertilitas. Varikokel adalah pelebaran pembuluh darah vena di testis pria. Penyebab varikokel sendiri masih belum diketahui secara pasti. Tapi yang pasti penyakit itu menyebabkan jumlah, kualitas, dan gerakan sperma yang dihasilkan testis menurun,” jelasnya dalam kegiatan unair TV.

Ilustrasi infertilitas
Ilustrasi infertilitas (medical news today)
BERITA TERKAIT

Pelebaran pembuluh darah vena di area itu menyebabkan suhu testis dan kotoran seperti karbon dioksida meningkat. Sehingga kualitas dan kuantitas produksi sperma pun akan menurun.

Masalah gaya hidup juga diakui dokter Supardi memicu infertilitas. Merokok misalnya, menurunkan jumlah dan daya hidup sperma. Konsumsi alkohol dalam waktu lama juga menurunkan kesuburan pria.

"Kasus kemandulan merujuk pada pasangan suami istri yang sudah melakukan hubungan badan secara normal tanpa kontrasepsi selama lebih dari setahun, namun belum juga ada tanda kehamilan," jelasnya.

Baca juga: Hasil Penelitian, Infeksi Covid-19 Pengaruhi Kesuburan Pria, Benarkah Virus Corona Picu Kemandulan?

Jika demikian, ada salah satu yang tidak beres atau kurang subur dari kedua belah pihak pasutri. Untuk dapat dikatakan subur, produksi sperma harus sehat dan cukup. Mulai dari berfungsinya testis secara normal, seimbangnya kondisi hormon dan cukupnya jumlah sperma setiap kali ejakulasi.

Lebih lanjut dokter Supardi menjelaskan, pria yang terindikasi mengalami gangguan kesuburan dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis. Dokter, akan melakukan anamnesa dan melakukan pengecekan kualitas sperma.

“Analisis sperma ditujukan untuk melihat kualitas sperma dan berbagai gangguannya. Pemeriksaannya dilakukan secara makroskopis dan mikroskopis,” jelasnya.

Hasil analisis sperma,lanjutnya, akan meliputi jumlah sel sperma dalam air mani, volume, konsentrasi sel sperma normal, warna, kekentalan, motilitas serta morfologi sperma.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas