Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Manfaat Bermain Peran Bersama Ibu pada Perkembangan Bahasa Anak

Mengajak anak bermain peran membantu tumbuh kembang anak dalam banyak aspek termasuk dalam hal pengembangan kemampuan berbahasa anak.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Manfaat Bermain Peran Bersama Ibu pada Perkembangan Bahasa Anak
Active for Life
Mengajak anak bermain peran membantu tumbuh kembang anak dalam banyak aspek termasuk dalam hal pengembangan kemampuan berbahasa anak. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Ibu memainkan peran sangat besar bagi tumbuh kembang anak dalam banyak aspek termasuk dalam hal pengembangan kemampuan berbahasa anak.

Psikolog, Dosen Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Airlangga (UNAIR) Endah Mastuti, S.Psi., M.Si., menyebut, semakin banyak waktu yang dihabiskan orang tua untuk melakukan kegiatan joint attention, semakin kaya kosakata yang dimiliki anak.

Orang dewasa memiliki keterlibatan yang terbatas dalam pengajaran langsung mengenai bahasa, namun berperan penting untuk memfasilitasi penerimaan bahasa pada anak.

“Ibu adalah sosok yang sangat efektif dalam mengikut arah perhatian anak, kemudian bisa memberi label objek yang sedang diperhatikan oleh anak,” ujar Endah yang dikutip dari laman unair, Sabtu (30/7/2022).

Ia mengungkapkan, pada dua tahun awal kehidupan anak, orang tua dapat berbicara terhadap anak dengan melabel benda dan kejadian, serta merespon komunikasi anak.

Baca juga: 13 Manfaat Bermain Basket dari Kecil: Bangun Kesehatan Fisik Hingga Kecerdasan Anak

Demikian pula ketika perilaku komunikasi anak berkembang, ibu secara tidak sadar memodifikasi perilakunya. Sehingga bentuk komunikasi yang terjadi membutuhkan lebih banyak keterlibatan anak.

BERITA TERKAIT

“Pada pertengahan usia dua tahun, ibu dapat melabel dan meminta nama benda pada jumlah yang cukup berimbang, dan dialog pun mulai terbentuk. Selain itu, Ibu mulai membentuk bicara anak dengan lebih membedakan antara respon yang dapat diterima dan tidak dapat diterima. Ibu juga bisa merubah cara berbicara yang dikenal dengan motherse atau parentese,” jelas Endah.

Lebih lanjut Endah menjelaskan, anak dapat berpartisipasi secara efektif saat berkomunikasi, karena kemampuan ibu untuk melakukan percakapan. Sehingga orang dewasa tidak perlu menyederhanakan bahasa yang mereka gunakan terhadap anak.

Baca juga: Ini Manfaat Bermain Puzzle untuk Si Kecil, Belajar Memecahkan Masalah hingga Melatih Konsentrasinya

Dialog yang terus-menerus dan ritmis bergantung pada kemiripan struktur ujaran ibu dan anak, serta korespondensi ujaran ibu dalam kejadian tertentu.

“Mainan yang digunakan oleh anak juga mempengaruhi jumlah dan jenis produksi bahasa orang dewasa. Secara umum, mainan yang mendukung bermain peran, seperti boneka, menimbulkan lebih banyak variasi bahasa dari orangtua,” paparnya.

Bermain merupakan suatu aktivitas yang penting dalam kehidupan masa kanak-kanak awal. Bermain diartikan sebagai suatu kegiatan yang aktif, dilakukan dengan sukarela, dan umumnya bermakna serta menyenangkan bagi anak

Endah menyebut bermain akan membantu anak dalam mengeksplorasi dunia mereka dan membangun pengetahuan yang baru. Bermain juga menjadi wadah bagi anak-anak untuk menyelesaikan permasalahan, mengaktifkan daya imajinasi dan kreativitas anak, serta dapat merasakan kesenangan dari kegiatan bermain itu sendiri.

“Melalui kegiatan bermain, anak dapat belajar bagaimana membangun hubungan sosial, berbagi, dan bernegosiasi dengan anak lainnya," kata dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas