Tribun Kesehatan

Komnas KIPI: Semua Vaksin Covid-19 Masih Teruji Aman

Kegiatan surveilans KIPI terkait keamanan vaksin dilakukan berkesinambungan untuk memastikan bahwa vaksin yang digunakan aman.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Komnas KIPI: Semua Vaksin Covid-19 Masih Teruji Aman
Tribunnews/JEPRIMA
Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono saat menerima sertifikat vaksin dari Direktur Utama RSCM Lies Dina Liastuti mengatakan usai disuntik vaksin COVID-19 produksi Sinovac (CoronaVac) oleh vaksinator dokter di RSCM Jakarta Pusat, Kamis (14/1/2021). Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono seusai disuntikan vaksin berharap tidak ada gejala Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang dialaminya. Ini karena vaksin COVID-19 buatan Sinovac sudah melalui serangkaian uji klinik. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lebih dari 70 juta dosis vaksin viral vector atau Aztrazeneca telah diberikan di Indonesia. Menurut data penelitian terbaru, vaksin tersebut aman untuk digunakan masyarakat di seluruh dunia sebagai primer maupun booster.

Ketua Komnas KIPI Prof. Dr. dr. Hinky Hindra Irawan Satari, SpA(K), M. Trop.Paed
mengatakan, surveilans KIPI (kejadian ikutan pasca imunisasi) terkait  keamanan vaksin dilakukan berkesinambungan untuk memastikan bahwa vaksin yang digunakan aman. 

Data surveilans KIPI menunjukkan vaksin Covid-19 Adenovirus rekombinan aman sebagai vaksin primer maupun booster dan manfaat yang diperoleh jauh lebih besar. 

"Baik data global bataupun di Indonesia, menunjukkan vaksin ini aman sampai dengan saat ini," kata dia dalam kegiatan di Jakarta, Kamis (15/9/2022).

Oleh karena itu anggota ITAGI ini meminta, masyarakat tidak perlu khawatir terkait aspek keamanan vaksin.

"Karena di dunia itu sudah 12,5 miliar dosis vaksin disuntikan. Keamanan bisa dinilai lah," kata dia.

Baca juga: Hasil Uji Klinis Fase 3 Vaksin Covid-19 BUMN Bio Farma: KIPI Ringan

Dari data-data yang ada vaksin dengan platform viral vektor dan mRNA sering kali dihubungkan dengan kejadian radang selaput jantung maupun trombosit rendah dan gangguan pembekuan nadi dan vena.

Baca juga: Kenali Gejala KIPI Ringan Pasca Vaksinasi Booster: Nyeri Sendi, Sakit Kepala, hingga Demam

Tapi setelah semua diamati dan diikuti secara berkesimbangan, kejadin tersebut sangat jarang terjadi.

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas