Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
kalbe-health-corner

Alasan Penting Minum Susu Hamil

Mengonsumsi susu hamil merupakan salah satu bentuk cinta Ibu kepada Buah Hati.

zoom-in Alasan Penting Minum Susu Hamil
Shutterstock
Selain dengan pola makan yang sehat dan tepat, ibu bisa memenuhi kebutuhan nutrisi saat hamil dengan minum susu hamil. 

TRIBUNNEWS.COM - Seorang ibu tentu ingin selalu memberikan yang terbaik bagi buah hatinya. Bahkan, kasih sayang ibu sudah tercurahkan sejak masa kehamilan lewat pemenuhan nutrisi untuk ibu dan buah hati.

Mengonsumsi susu hamil merupakan salah satu bentuk cinta Ibu kepada Buah Hati yaitu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan mendukung perkembangan janin selama masa kehamilan.

Seperti yang diketahui, pemenuhan nutrisi pada masa kehamilan merupakan hal penting karena kebutuhan nutrisi tidak hanya untuk ibu tetapi juga untuk pertumbuhan dan perkembangan buah hati di dalam kandungan.




Pada dasarnya, kebutuhan nutrisi seimbang bisa diperoleh ibu hamil dari makanan dan minuman yang dikonsumsinya sehari-hari. Namun, kadar kecukupan nutrisi tiap ibu hamil berbeda-beda, tergantung dari variasi makanan sehari-hari yang dikonsumsi.

Meskipun telah berusaha memenuhi asupan nutrisi lewat makanan sehari-hari saat hamil, tubuh mungkin saja tetap kekurangan nutrisi penting seperti protein, vitamin dan mineral yang diperlukan janin. 

Selama kehamilan, kebutuhan beberapa nutrisi mengalami peningkatan. Salah satunya  adalah kebutuhan akan protein yang meningkatan kebutuhan selama saat trimester 1 sampai trimester 3. Oleh karena itu, ibu hamil membutuhkan asupan protein tambahan selain yang didapat dari makanan sehari-hari.

Di sinilah susu hamil berperan, yaitu untuk mengisi kebutuhan nutrisi yang belum terpenuhi tersebut. Itulah sebabnya, kebanyakan ibu hamil direkomendasikan mengonsumsi susu khusus kehamilan untuk mendapatkan nutrisi tambahan.

BERITA TERKAIT

Untuk itu, selain dengan pola makan yang sehat dan tepat, ibu bisa memenuhi kebutuhan nutrisi saat hamil dengan minum susu. Lalu, apa saja manfaat dan pentingnya mengonsumsi susu hamil? Simak, yuk!

1. Menurunkan risiko anemia

Anemia menjadi salah satu kondisi yang harus diwaspadai pada masa kehamilan. Jika tidak ditangani dengan benar, anemia pada ibu hamil yang dapat meningkatkan risiko terjadinya komplikasi yang berbahaya, seperti persalinan prematur dan meningkatkan risiko berat badan lahir rendah pada bayi.

Asupan nutrisi sangat berpengaruh untuk mencegah risiko anemia pada ibu hamil. Oleh karena itu,  ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi asupan yang kaya akan zat besi dan asam folat.

Nah, susu ibu hamil yang mengandung tinggi zat besi dan asam folat bisa menjadi asupan penunjang untuk menurunkan risiko anemia pada ibu hamil.

2. Memperbaiki fungsi plasenta

Plasenta merupakan satu-satunya jalan makan yang menghubungkan nutrisi ibu dengan janin yang berada dalam kandungannya. Maka dari itu, plasenta memiliki fungsi yang penting agar janin tidak kekurangan asupan nutrisi sehingga pertumbuhannya terus optimal.

Plasenta sangat membutuhkan protein yang cukup untuk bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Nah, kandungan protein yang dibutuhkan tersebut bisa ibu dapatkan dari susu untuk ibu hamil.

3. Memiliki kandungan nutrisi lengkap

Susu hamil memiliki kandungan nutrisi makro (protein, karbohidrat, lemak) dan mikro (vitamin dan mineral) yang lengkap dalam membantu tumbuh kembang janin pada masa kehamilan.

Mulai dari zat besi, kalsium protein, fosfor, vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, D, dan E, asam folat hingga Omega 3 dan DHA sudah terkandung dalam susu hamil.

Dikutip dari Klikdokter, penelitian klinis menunjukkan, ibu hamil yang mengonsumsi susu dan protein selama mengandung memiliki kehamilan yang lebih baik dan menurunkan resiko melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah.

Oleh karena itu, dalam mengonsumsi susu hamil, Anda bisa memilih PRENAGEN mommy. PRENAGEN mommy mengandung nutrisi lengkap, mulai dari zat besi, kalsium, vitamin D, DHA, dan Omega 3, sekaligus sebagai sumber protein yang bermanfaat dalam pembentukan organ tubuh, imun tubuh ibu dan buah hati hati, serta sumber tenaga agar Bumil selalu fit dan segar.

Terlebih dengan susu hamil yang satu ini juga mengandung selenium yaitu antioksidan penting untuk mencegah preeklampsia yaitu tekanan darah tinggi selama kehamilan yang bisa menyebabkan kematian ibu dan meningkatkan daya tahan tubuh.

PRENAGEN mommy tersedia dalam varian rasa beragam yaitu French Vanilla, Velvety Chocolate, Lovely Strawberry, Groovy Mocha, dan Delicious Mung Bean yang pastinya rasanya enak gak bikin eneg.

PRENAGEN mommy mengandung nutrisi lengkap

Selain pada masa kehamilan, ibu juga perlu memperhatikan kebutuhan asupan saat masa menyusui terutama kebutuhan cairan. Selain minum air putih yang cukup, ibu menyusui juga bisa mengombinasikannya dengan mengonsumsi jus buah ataupun susu ibu menyusui seperti PRENAGEN lactamom.

Produk susu ibu menyusui ini juga memiliki kandungan nutrisi makro dan mikro lengkap yang dapat meningkatkan produksi dan kualitas ASI yang dihasilkan. Apalagi, tersedia dalam varian rasa French Vanilla, Velvety Chocolate, Lovely Strawberry, dan Groovy Mocha yang tentunya nikmat untuk dikonsumsi.

Dengan memenuhi kebutuhan nutrisi sejak masa kehamilan hingga menyusui dengan nutrisi lengkap dari PRENAGEN menjadi salah satu bukti cinta dari ibu untuk buah hati.

Penulis: Nurfina Fitri Melina | Editor: Vincent

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas