Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Ini Dia Solusi Tepat untuk Mata Merah akibat Polusi Udara

Kamu sering merasakan mata merah setelah beraktivitas di luar ruangan? Jangan anggap remeh, langsung kembalikan kesegaran matamu. 

Penulis: Matheus Elmerio Manalu
zoom-in Ini Dia Solusi Tepat untuk Mata Merah akibat Polusi Udara
Shutterstock
Kebiasaan buruk ketika mata merah dan gatal, yaitu langsung mengucek, padahal hal ini sangat tidak boleh dilakukan. 

TRIBUNNEWS.COM - Kamu sering merasakan mata merah setelah beraktivitas di luar ruangan? Jangan anggap remeh, langsung kembalikan kesegaran matamu. 

Seringkali mata merah atau biasa disebut iritasi mata, dianggap remeh oleh masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di kota-kota besar dan aktivitas rutin di luar ruangan. Bahkan ada beberapa kebiasaan buruk ketika mata merah dan gatal, yaitu langsung mengucek, padahal hal ini sangat tidak boleh dilakukan. 

Yang perlu dilakukan ketika mata merah adalah meredakannya dengan obat tetes mata ini yang punya sensasi dingin dan mampu menjaga kelembaban mata sekaligus menyegarkan mata sehingga polutan dari paparan polusi udara tidak lagi menempel. 

Berikut beberapa kegiatan luar ruangan yang memang rentan terpapar polusi udara yang berisiko pada kesehatan mata: 

1. Olahraga outdoor

Aktivitas pertama adalah olahraga outdoor, misalnya jogging, bersepeda, dan sebagainya yang mengharuskan kamu harus keluar rumah. Jogging, lari atau bersepeda, memang sempat menjadi tren namun untuk melakukannya, kamu harus pergi keluar rumah.

Oleh karena itu, jika memang kamu senang melakukannya dan ingin menjaga mata terhindar dari paparan polusi udara, bisa jogging di komplek atau area yang tidak dekat dengan lalu lintas kendaraan. 

Baca juga: Mengatasi Masalah Mata Merah Akibat Polusi Udara, Begini Caranya!

BERITA REKOMENDASI

2. Berjalan kaki

Sejak pandemi Covid-19 tiga tahun lalu, masyarakat Indonesia mulai banyak yang menerapkan hidup sehat. Salah satunya adalah dengan berjalan kaki, apalagi kini di kota-kota besar seperti Jakarta, sudah terdapat pedestrian yang lega untuk para pejalan kaki. 

Hal tersebut mendorong masyarakat perkotaan untuk berjalan kaki ketimbang mengendarai kendaraan pribadi. Namun, berjalan kaki adalah salah satu aktivitas yang dapat membuat mata terpapar langsung polusi udara.

3. Berkendara motor atau mobil

Jika berjalan kaki terpapar langsung oleh polusi udara, begitu juga dengan berkendara entah itu menggunakan motor atau mobil. Misalnya menggunakan motor, jelas area mata yang seringkali terbuka dan bisa terpapar langsung oleh polutan seperti debu dan zat-zat kimia berbahaya lainnya. 

Berkendara menggunakan mobil juga tidak bisa dibilang aman dari paparan polusi udara. Mengingat, sebagian besar mobil yang kamu kendarai, juga melakukan sirkulasi udara baik dari luar maupun dari dalam, yang bisa jadi celah untuk kamu terpapar polusi udara.

Terpapar polusi udara tidak boleh dianggap sepele karena bisa menyebabkan kerusakan organ-organ tubuh penting, salah satunya adalah mata. Pada umumnya, mata yang terpapar polusi udara mengalami iritasi, mata kering, dan yang parahnya bisa terkena glaukoma.

Glaukoma, menurut studi dari UCL, merupakan kerusakan pada mata yang disebabkan oleh polusi udara karena partikulat yang mungkin memiliki efek toksik yang bisa merusak sistem saraf dan berkontribusi terhadap peradangan pada mata. Menurut studi tersebut, glaukoma bisa menyebabkan kebutaan permanen, lho!

Baca juga: Tips Mengatasi Mata Merah dan Gatal, Pastikan Hindari Menyentuh Mata serta Terapkan Hal Berikut

Obat tetes mata bikin tidak takut dengan polusi udara

Ngeri banget kan dampak polusi udara pada mata? Namun sekarang kamu tidak perlu khawatir, karena obat tetes mata bisa jadi solusi kamu menghadapi hari-hari dengan kualitas udara yang buruk. 

Kamu juga bisa menggunakan obat tetes mata yang memiliki sensasi dingin yang dapat mengatasi iritasi dan meredakan mata merah. 

Selain sensasi dingin yang membuat mata kembali segar, obat tetes mata juga sangat praktis untuk dibawa ke mana saja, karena kemasan ekonomis. Begitu kamu merasa mata perih dan gatal setelah beraktivitas di luar ruangan, langsung saja teteskan obat tetes mata ini!

Yuk, jangan anggap sepele mata merah dan gatal karena polusi udara akibat aktivitas di luar ruangan. Kantongi obat tetes mata ke mana saja kamu pergi, untuk tetap bisa beraktivitas di luar ruangan tanpa khawatir mata merah!

Admin: Sponsored Content
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas