Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Wapres Ma'ruf Amin Apresiasi Ada Pelayanan Robot di Rumah Sakit Semarang

Ia berharap dengan berkembangnya pembangunan gedung rumah sakit tersebut, maka pelayanan dapat semakin optimal.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Wapres Ma'ruf Amin Apresiasi Ada Pelayanan Robot di Rumah Sakit Semarang
Dok. BPMI/Setwapres
Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin meninjau Rumah Sakit Daerah (RSD) KRMT Wongsonegoro (RSWN), di Jalan Fatmawati nomor 1, Mangunharjo, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah, untuk mengecek langsung Layanan Kesehatan Terpadu, Jumat sore (26/1/2024). Ia pun apresiasi pihak rumah sakit yang beri pelayananan secara digital hingga menggunakan robot untuk memandu pasien maupun pengunjung. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin meninjau Rumah Sakit Umum Daerah atau RUSD KRMT Wongsonegoro (RSWN) di Jalan Fatmawati Nomor 1, Mangunharjo, Tembalang, Kota Semarang, untuk mengecek langsung Layanan Kesehatan Terpadu pada Jumat sore (26/1/2024). 

Sesampainya di sana, Ma'ruf sempat menyaksikan penggunaan robot di lobby rumah sakit.

"Ini rumah sakit yang cukup representatif saya mengapresiasi rumah sakit ini, terutama pelayananannya sudah dilakukan secara digital, dan bahkan menggunakan robot untuk memandu ke arah mana pasien itu, pengunjung untuk bisa ke mana, ke ruangan mana itu dipandu oleh robot,” kata Ma'ruf. 

Selain itu, ia juga mengapresiasi berbagai terobosan yang dilakukan oleh rumah sakit tersebut.

Terobosan tersebut di antaranya pelayanan ramah anak, pemanfaatan jamu, akupunktur, dan juga MRI 3 Tesla Skyra.

Wapres juga mendengar rumah sakit tersebut akan dibangun sampai 12 lantai.

BERITA REKOMENDASI

Ia berharap dengan berkembangnya pembangunan gedung rumah sakit tersebut, maka pelayanan dapat semakin optimal.

"Dan saya harap dengan dibangunnya 12 lantai lagi tentu pelayanannya akan lebih optimal," kata dia.

Baca juga: Intip Jeroan Pabrik Isuzu di Fujisawa, Kolaborasi Manusia dengan Robot

Direktur RSD KRMT Wongsonegoro, dr. Eko Krisnarto, Sp.KK menjelaskan rumah sakit tersebut memberikan layanan ramah anak untuk menghilangkan trauma anak di rumah sakit dengan program “MAS PETRUK” yakni Implementasi Model Pemberian Asuhan Keperawatan dengan Atraumatic Care untuk Pasien Anak. 

Pelayanan yang diberikan mulai dari arena bermain anak hingga perawat yang memakai pakaian badut ketika menyampaikan cerita setiap siang kepada pasien anak-anak.

"Setelah kita melakukan dengan berbagai hal seperti perawatnya menggunakan pakaian-pakaian badut yang humanis, kemudian melakukan cerita setiap siang kepada pasien-pasien anak, dan dalam waktu tertentu memakai pakaian badut itu ternyata sangat menyenangkan bagi anak sehingga anak tersebut tidak takut, tidak trauma, ketika berada atau mau ke RS," kata dia.

Turut mendamping Wapres dalam kunjungan tersebut yakni Hj Wury Ma’ruf Amin, Kepala Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono Wahjoe Sedjati, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Masykuri Abdillah, Robikin Emhas, Zumrotul  Mukaffa, serta Tim Ahli Wapres Farhat Brachma. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas