Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Gigi Ompong Bukan Masalah Serius, Tapi Cukup Mengganggu, Ketahui Sebab dan Solusinya

Kehilangan gigi tak hanya mengganggu penampilan, gigi yang hilang atau ompong membuat rasa tak nyaman.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Willem Jonata
zoom-in Gigi Ompong Bukan Masalah Serius, Tapi Cukup Mengganggu, Ketahui Sebab dan Solusinya
Absolute Dental
Ilustrasi - Kehilangan gigi tak hanya mengganggu penampilan, gigi yang hilang atau ompong membuat rasa tak nyaman 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kehilangan gigi tak hanya mengganggu penampilan, gigi yang hilang atau ompong membuat rasa tak nyaman.

Gigi yang hilang atau ompong bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari genetik atau keturunan, penyakit gusi, hingga cedera di sekitar mulut akibat kecelakaan, benturan keras, atau pukulan.

Dr. drg. Jeddy, Sp.KGA Head of Dentist Global Dental Specialist Group mengatakan, meski bukanlah kondisi yang berbahaya, gigi ompong bisa membuat orang sulit mengunyah dan menelan makanan sehingga berdampak pada menurunnya nafsu makan dan mengganggu struktur rahang.

Baca juga: Jangan Sepelekan, Gigi Berlubang Bisa Pengaruhi Kesehatan Jantung

"Untuk itu gigi ompong sebaiknya jangan dibiarkan, bagi sebagian orang kehilangan gigi dapat menurunkan rasa percaya diri," kata Jeddy dalam keterangannya, Senin (27/5/2024).

Dikatakannya, saat ini terdapat berbagai macam solusi untuk menggantikan gigi yang hilang dan  penelitian terus berlanjut untuk menemukan solusi terbaik yang paling menyerupai gigi asli.

"Saat ini, dental implant menjadi solusi yang paling ideal. Dental implant merupakan gigi tiruan yang ditanam secara permanen ke dalam tulang rahang," katanya.

BERITA REKOMENDASI

Oleh karena itu, dental implant lebih terasa nyaman, stabil, alami, tidak merusak gigi-gigi sebelahnya, mencegah penurunan tulang, dan terasa seperti gigi asli.

Pemasangan implant dengan teknologi canggih tidak lagi menakutkan seperti dahulu karena Semua terencana dan terukur dengan baik seperti di klinik J&J Dental Care yang telah menghasilkan pemasangan 200 implan per tahun dan mendapat penghargaan Implant Platinum Award oleh Straumann.

Juga penggunaan software yang dapat melakukan simulasi penempatan implant pada rontgen 3D sehingga implant tidak akan mengganggu syaraf atau struktur penting lainnya di dalam tulang rahang.

"Saat ini proses pemasangan implant sudah cepat dan nyaman, pasien tidak merasakan sakit, bahkan tidak ragu untuk ragu untuk penanaman implant pada sisi gigi lainnya untuk mendapatkan senyum indah dan kembali percaya diri," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas