Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Kasus di Kongo Meningkat, Jokowi Minta Waspada Penyebaran Mpox

Presiden Jokowi menggelar rapat terbatas mengenai Penanganan Mpox. Presiden meminta jajarannya untuk waspada terhadap penyebaran cacar monyet ini.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Kasus di Kongo Meningkat, Jokowi Minta Waspada Penyebaran Mpox
freepik
Presiden Jokowi menggelar rapat terbatas mengenai Penanganan Mpox. Presiden meminta jajarannya untuk waspada terhadap penyebaran cacar monyet ini. 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas mengenai Penanganan Mpox dan Persiapan Penyelenggaraan Indonesia-Africa Forum (IAF) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, (27/8/2024).

Dalam arahannya Presiden meminta jajarannya untuk waspada terhadap penyebaran cacar monyet atau Mpox.

Baca juga: Kisah anak-anak yang terdampak mpox di pusat wabah cacar monyet di Kongo - Penyakit ini membuat kami sangat takut bahwa kami semua akan jatuh sakit




"Saya juga minta betul betul kehati hatian kita kewaspadaan kita terkait dengan penyebaran wabah Mpox, karena yang saya baca kasus Mpox ini sangat meningkat di Kongo," kata Jokowi.

Presiden meminta adanya peningkatan kewaspadaan mengingat WHO telah mengeluarkan public health emergency of international concern terkait Mpox. Presiden meminta adanya upaya preventif dengan mengawasi pintu masuk Indonesia, khususnya di Bali dalam gelaran IAF nanti.

"Saya minta betul betul ada upaya preventif khususnya bagi para delegasi yang berasal dari Afrika," katanya.

Baca juga: WHO Minta Warga Dunia Tak Panik Soal Cacar Monyet: Mpox Bisa Dikendalikan Penyebarannya

Tidak hanya Bali kata Presiden pengawasan juga perlu dilakukan Kementerian Kesehatan di pintu kedatangan internasional lainnya. Upaya preventif bisa dilakukan mengingat Indonesia telah melalui Pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu.

BERITA TERKAIT

"Langkah langkah pencegahan yang diperlukan karena pengalaman Covid yang lalu bisa kita lakukan sehingga saya minta segera potokol kesehatan dan disialisasikan secara masif mengenai ini," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas