Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Sering Makan Mie Instan Saat Malam Hari Bikin Wajah Bengkak, Ini Penyebabnya

Garam diketahui dapat menyerap banyak air. Jadi saat mengkonsumsi makanan tinggi garam banyak cairan yang terserap di dalam tubuh.

Penulis: Aisyah Nursyamsi
Editor: willy Widianto
zoom-in Sering Makan Mie Instan Saat Malam Hari Bikin Wajah Bengkak, Ini Penyebabnya
Freepik.com
Ilustrasi mie instan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mie instan merupakan salah satu makanan favorit yang digemari banyak orang. Selain proses membuatnya mudah, rasanya juga lezat dan cocok bagi mereka untuk memadamkan kelaparan.

Baca juga: Polisi Cari Pengirim dan Penerima Narkoba Dibungkus Mie Instan yang Dikirim via Ojol

Namun, mengkonsumsi mie instan di waktu-waktu tertentu justru bisa merugikan bahkan membahayakan. Terkait hal ini, Dermatologis Dr. Hafiza Fikri, Sp. KK pada sebagian orang, mengkonsumsi mie instan saat malam hari memang bisa membuat wajah bengkak.

Baca juga: Biaya Pengobatan Mat Solar Cukup Besar, Keluarga Bantah Sampai Jual Harta




Hal ini dikarenakan mie instan biasanya mengandung tinggi garam.  "Sebenarnya sih mungkin. Lebih ke kalau kita makan kayak garam. Mie instan tuh banyak garam gak sih," ujarnya saat ditemui di bilangan Jakarta, Senin (16/9/2024).

Lebih lanjut dr Hafiza pun menjelaskan apa kaitannya antara mengkonsumsi garam dengan wajah yang membengkak. Garam diketahui dapat menyerap banyak air. Jadi saat mengonsumsi makanan tinggi garam banyak cairan yang terserap di dalam tubuh.

Baca juga: Terlalu Pedas! Denmark Tarik Peredaran Mie Instan Korsel

"Pasti dia kan menyerap air ya. Kalau dia menyerap air, jadi memang kayak kulit kita lebih bengkak gitu," paparnya. Kondisi ini juga bisa disebabkan karena faktor genetik.

Karena ada pula pada sebagian orang, wajah mereka tetap normal dan tidak membengkak.  "Tapi memang banyak faktor yang mempengaruhinya. Jadi bisa dibilang iya atau enggak. Tergantung genetik gitu. Tapi apakah bisa, bisa saja," tutupnya. 

Baca juga: KCIC Operasikan 48 Perjalanan Whoosh Periode Libur Panjang, Prediksi Penumpang Tembus 20.000 Orang

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas