Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

FIK UI Kenalkan MPASI Rempah Khas Lombok, Bahannya Ada di Menu Harian

FIK UI memberikan pelatihan kepada kader kesehatan mengenai Resep Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) Khas Lombok.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in FIK UI Kenalkan MPASI Rempah Khas Lombok, Bahannya Ada di Menu Harian
Tribunnews.com/Rina Ayu
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) memberikan pelatihan kepada kader kesehatan mengenai Resep Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) Khas Lombok (Rempah Lombok), di Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur (22/09/2024). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM-- Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) memberikan pelatihan kepada kader kesehatan mengenai Resep Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) Khas Lombok (Rempah Lombok), di Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur (22/09/2024).

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dan dukungan Puskesmas Jerowaru, Direktorat Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia (DPPM UI), Departemen Keperawatan Anak Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, dan BSI Maslahat.

Baca juga: Ahli Gizi: Pemberian MPASI yang Tepat dan Aman Bisa Cegah Anak dari Obesitas

Fasilitator dan ketua tim pengadian masyarakat Dr. Fajar Tri Waluyanti M.Kep.,Sp.Kep.An mengatakan, Action Oriented Group (AOG) Rempah Lombok ini diberikan kepada para kader sebagai upaya pemberdayaan kader dalam mendampingi para warga binaannya memberikan MPASI yang tepat.

Rempah Lombok sendiri merupakan resep makanan pendamping ASI berdasarkan bahan makanan yang biasanya tersedia di menu makanan harian masyarakat Lombok dengan harapan memudahkan Ibu dalam memilih sumber makanan yang tersedia serta cara masak yang disesuaikan dengan kebiasaan ibu sehari-hari. 

"Adanya MPASI dengan pendekatan Rempah Lombok disesuaian dengan kebutuhan gizi mulai dari jumlah, jenis tekstur MPASI sesuai dengan kebutuhan dan usia bayi. Harapannya Rempah Lombok ini dapat membantu ibu untuk lebih mudah mempersiapkan MPASI yang kaya akan kandungan gizi sehingga stunting dapat dicegah dan anak tumbuh dengan baik dan optimal," ujar dokter Fajar ditulis Selasa (24/9/2024).

Para kader posyandu dilatih untuk langsung menyampaikan materi terkait Rempah Lombok kepada masing-masing ibu binaan masing-masing posyandu binaan dengan membentuk 4 kelompok kecil. 

Baca juga: Ibu Menyusui Wajib Baca! Ini Aturan yang Benar Membekukan Hingga Mencairkan ASI dan MPASI

BERITA TERKAIT

Setiap kelompok terdiri dari satu sampai dua kader kesehatan dengan beberapa ibu bawah dua tahun (baduta). 

Penyampaian materi menggunakan media buku serta lembar balik Rempah Lombok yang telah disusun dan disediakan tim FIK UI.

Kegiatan edukasi langsung oleh kader ini juga dirangkaikan dengan kegiatan praktik pembuatan MPASI oleh kader kesehatan dan ibu baduta dengan bahan-bahan yang telah disesuaikan dengan resep yang ada di buku Rempah Lombok.

"Kedatangan tim FIK UI dengan program kerja kami (puskesmas) yang saat ini sedang dalam persiapan pemberian makanan tambahan harian untuk baduta dengan gizi kurang selama beberapa minggu ke depan sehingga adanya buku Rempah Lombok ini dapat menjadi acuan makanan yang diberikan kepada baduta yang sedang diintervensi", kata Kepala Puskesmas Jerowaru, Munawir Subhan, SKM dalam sambutannya. 

Acara yang juga para ahli gizi Puskesmas Jerowaru berlangsung dengan baik dan penuh antusias dari para peserta. 

Selama kegiatan berlangsung kader kesehatan dan ibu baduta tampak begitu bersemangat mengikuti rangkaian acara sampai akhir. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas