Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Solusi Nyaman dan Aman untuk Pengobatan Batu Ginjal Tanpa Tindakan Pembedahan

Pengobatan batu ginjal mengalami paradigma baru dengan kemunculan teknologi Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL).

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Solusi Nyaman dan Aman untuk Pengobatan Batu Ginjal Tanpa Tindakan Pembedahan
HO
Pengobatan batu ginjal mengalami paradigma baru dengan kemunculan teknologi Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL) yang memungkinkan pasien dapat merasakan kenyamanan maksimal selama prosedur dan hasil yang lebih optimal. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Pengobatan batu ginjal mengalami paradigma baru dengan kemunculan teknologi Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL) yang memungkinkan pasien dapat merasakan kenyamanan maksimal selama prosedur dan hasil yang lebih optimal.

Teknologi ESWL ini efektif menangani batu ginjal dan batu ureter yang seringkali menyebabkan gejala seperti nyeri pinggang hilang timbul, nyeri saat buang air kecil, mual dan muntah dan hematuria (darah dalam urin).

"Batu ginjal terbentuk dari mineral dan garam yang mengkristal dalam ginjal dan jika batu ini tidak dikeluarkan, dapat menyebabkan infeksi dan kerusakan ginjal yang serius," kata Dokter Spesialis Urologi, Konsultan Trauma dan Rekonstruksi Bethsaida Hospital Gading Serpong, dr Donny Eka Putra SpU (K) kepada wartawan, Sabtu (12/10/2024).

Melalui ESWL seperti mesin richard wolf piezolith 3000 plus, kata dia gelombang kejut diarahkan ke batu ginjal, menghancurkannya menjadi partikel-partikel kecil yang bisa dikeluarkan melalui urin tanpa operasi invasif dan teknologi ini juga cocok bagi pasien yang tidak bisa menjalani operasi karena risiko kesehatan tertentu, menjadikannya alternatif yang aman.

"Teknologi yang kami pakai sekarang lebih modern dan bisa menghancurkan batu ginjal dengan lebih akurat, nyerinya juga lebih minim sehingga pasien jadi lebih nyaman saat menjalani prosedur," kata Donny kepada wartawan, Sabtu (12/10/2024).

Namun perlu diketahui adalah tidak semua batu bisa diterapi dengan ESWL, ada kondisi tertentu, misalnya batu kompleks  yang membutuhkan tindakan minimal invasive, seperti Percutaneous Nephrolithotomy, yaitu prosedur bedah minimal invasif untuk menghancurkan dan mengangkat batu ginjal dan  Retrograde intrarenal surgery (RIRS).

BERITA REKOMENDASI

Terapi ini tidak bisa diberikan bagi pasien yang memiliki penyakit ginjal, seperti kanker ginjal dan infeksi ginjal,  bentuk dan fungsi ginjal yang tidak normal dan sedang dalam kondisi hamil karena sinar-X dan gelombang suara di ESWL berisiko menganggu kesehatan kandungan. 

Direktur Bethsaida Hospital, dr. Pitono mengatakan, pihaknya ingin pasien merasa tenang, aman dan nyaman saat pasien dirawat. 

"Kehadiran teknologi ESWL terbaru ini benar-benar membantu pasien menjalani pengobatan dengan lebih santai, tanpa rasa sakit yang berlebihan," katanya.

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas