Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

MITF 2019 Menjadikan Desa Wisata Senjata Ampuh Mengangkat Perekonomian Desa

Tahun ini, pameran yang digelar 2-5 Mei 2019 tersebut mengangkat tema Explore Tourist Village.

MITF 2019 Menjadikan Desa Wisata Senjata Ampuh Mengangkat Perekonomian Desa
dok. Kemenpar
Jatim sangat serius mengembangkan desa wisata. Hal ini penting karena di Jatim disparitias kemiskinan antara desa dan kota sangat lebar. Dengan desa wisata berarti mendorong tingkat perekonomian desa semakin cepat. 

SURABAYA - Hadirnya Majapahit International Travel Fair 2019 membuat pariwisata kian bergairah. Bukan saja pariwisata Jawa Timur (Jatim), tetapi juga di Indonesia.

Apalagi tahun ini, pameran yang digelar 2-5 Mei 2019 tersebut mengangkat tema Explore Tourist Village. Sebuah tema sekaligus mendukung perkembangan desa wisata.

Menurut Kepala Bidang Pemasaran Area I Jawa Wawan Gunawan, ini adalah saatnya desa wisata tampil menjadi salah satu destinasi utama pariwisata Indonesia.

"Kita punya destinasi wisata luar biasa. Tapi di MITF 2019 kita fokus membangun wisata berbasis pedesaan. Sehingga desa wisata mampu menjadi global player. Potensi tersebut sangat besar," ujar Wawan yang hadir di perhelatan MITF 2019, Jumat (3/5).

Menurutnya pengembangan desa wisata ini memiliki peluang yang sangat besar. Apalagi saat ini desa wisata menjadi tren yang tengah digandrungi wisatawan, khususnya wisatawan millenial.

"Belum lagi keberadaan dana desa yang bisa digunakan untuk mengembangkan desa wisata. Dengan dana desa peluang pengembangan desa wisata semakin besar," ucapnya.

kemenpar-040519-1
Menurut Kepala Bidang Pemasaran Area I Jawa Wawan Gunawan, ini adalah saatnya desa wisata tampil menjadi salah satu destinasi utama pariwisata Indonesia.

Wawan menyakini pengembangan desa wisata, menjadi stimulus positif pertimbuhan perekonomi pedesaan. Dengan itu akan ada peningkatan percepatan kesejahteraan masyarakat desa.

Ingat pariwisata merupakan cara cepat meraup devisa. Maka dari itu pariwisata pun menjadi cara cepat membangun perekonomian desa.

“Artinya multi player efeknya banyak. Di seluruh negara di dunia, devisa sektor riil akan tumbuh ketika sektor pariwisata tumbuh. Itu sudah terbukti. Di desa pun jelas ini dapat diterapkan,” terangnya.

Contoh konkretnya ada di Banyuwangi. Saat ini banyuwangi telah menjelma menjadi kekuatan baru pariwisata Indonesia. Hal tersebut diraih dengan wisata berbasis desa yang sekaligus menjadi alat pemerataan pembangunan.

berita POPULER
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas