Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Festival Saman 2019 Tarik Wisatawan ke Daratan Tinggi Gayo

Festival Saman 2019 terselenggara berkat kerjasama antara Kementerian Pariwisata, Kemendikbud, serta pemerintah daerah setempat.

Festival Saman 2019 Tarik Wisatawan ke Daratan Tinggi Gayo
Kemenpar
Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani 

Mengulang sukses tahun sebelumnya, Festival Saman 2019 akan segera digelar. Rencananya, kegiatan berlangsung tanggal 18-21 Agustus mendatang. Rangkaian acara dipusatkan di Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh.

Festival Saman 2019 terselenggara berkat kerjasama antara Kementerian Pariwisata, Kemendikbud, serta pemerintah daerah setempat. Dalam hal ini Dinas Kebudayaan & Pariwisata Provinsi Aceh dan Dinas Pariwisata Kabupaten Gayo Lues.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani mengatakan, Festival Saman merupakan salah satu event yang dilaksanakan untuk menjaga budaya Aceh. Sekaligus dimaksudkan untuk menarik minat wisatawan untuk datang ke Aceh. Khususnya ke Daratan Tinggi Gayo (Datiga).

“Tahun ini, Festival Saman mengangkat tema ‘Pacarkan Cahaya Aceh Melalui Seni Budaya’. Pesertanya berasal dari kabupaten/ kota di Aceh, termasuk sanggar-sanggar dalam Provinsi Aceh,” ujarnya, Sabtu (10/8)

Rizki menambahkan, dalam gelaran Festival Saman 2019 juga akan ada pameran budaya dan edukasi tentang Saman. Di lokasi kegiatan juga akan didirikan booth atau tenant yang akan diisi oleh 23 group se-Aceh. Mereka akan menampilkan produk-produk UKM berupa kuliner dan suvenir khas daerah masing-masing.

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati menambahkan, Festival Saman 2019 akan diikuti 23 grup penari Saman. Mereka akan tampil dengan berdurasi antara 10-15 menit. Panitia menyiapkan total hadiah sebesar Rp73 juta untuk para pemenang.

“Selain itu, akan ada perlombaan Saman antar kecamatan di Gayo Lues. Pada panggung utama juga akan dimeriahkan dengan penampilan artis lokal dan artis-artis Aceh yang dapat menambah minat pengunjung,” jelasnya.

Kegiatan lain yaitu edukasi dan pameran budaya untuk menambah ilmu masyarakat tentang budaya Gayo Lues. Acara akan dikemas dalam Seminar Saman yang diprakarsai oleh BNPB Aceh dan Sumatera Utara.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan, Festival Saman 2019 merupakan salah satu upaya untuk mendukung pencapaian target 20 juta wisman ke Indonesia tahun ini. Selain sebagai promosi pariwisata, event ini sekaligus bentuk pelestarian Tari Saman dan seni kreasi di Daratan Tinggi Gayo.

“Melalui Festival Saman 2019, kita berharap meningkatkan awareness wisatawan nasional, regional, dan international terhadap budaya Provinsi Aceh. Lewat event ini, kita juga dapat mengangkat dan memperkenalkan budaya Aceh di mata internasional,” tandasnya. (*)

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Content Writer
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas