Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Kemenparekraf Gandeng RedDoorz dan Swis-BelHotel Siapkan Akomodasi Tenaga Medis

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menginisiasi kerja sama dengan pelaku indus

Kemenparekraf Gandeng RedDoorz dan Swis-BelHotel Siapkan Akomodasi Tenaga Medis
Kemenparekraf
Wishnutama saat kunjungan ke Swiss-Belhotel Pondok Indah Jakarta Selatan, Kamis (2/4/2020) didampingi Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf, Fajar Utomo, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Events) Kemenparekraf Rizky Handayani Mustafa, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya, Juru Bicara Satgas COVID-19 Kemenparekraf Ari Juliano Gema, dan Staf Khusus Bidang Keamanan, Adi Deriyan Jayamarta. 

TRIBUNNEWS.COM - Sehimpun dukungan bagi tenaga medis yang berada di garis terdepan penanganan COVID-19 setiap hari kian masif.

Menyadari hal ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menginisiasi kerja sama dengan pelaku industri guna menyediakan akomodasi bagi tenaga medis dan anggota gugus tugas yang menangani wabah Covid-19.

Sebelumnya Kemenparekraf/Baparekraf juga telah bekerja sama dengan Accor Group dalam menyiapkan akomodasi bagi tenaga medis dan menyerahkan teknis penggunaanya kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Kerja sama dengan RedDoorz dan Swiss-Belhotel

Pada Kamis (2/4/2020) lalu, Kemenparekraf melakukan kerja sama dengan RedDoorz dan Swiss-BelHotel Pondok Indah dalam menyediakan akomodasi bagi tenaga medis dari berbagai rumah sakit rujukan penanganan COVID-19 di Jakarta.

President Director RedDoorz Mohit Gandas mengatakan, dukungan ini adalah bagian dari program "Red Heroes", inisiatif regional terbaru RedDoorz untuk  memberi layanan bagi staf medis yang memerangi COVID-19.

"Sebagai perusahaan yang telah beroperasi di Indonesia selama lebih dari lima tahun, kami ingin ikut berkontribusi dalam penanganan wabah ini. Hal inilah yang mendasari kami meluncurkan program Red Heroes di Jakarta sebagai bagian dari upaya untuk mendukung pemerintah Indonesia dan sistem kesehatan di masa-masa yang paling menentukan ini," katanya.

Baca: Hotel Owabong, Penginapan di Purbalingga yang Jadi Tempat Istirahat Tenaga Medis Covid-19

Lewat kolaborasi bersama RedDoorz, telah disiapkan total 99 kamar hotel untuk 130 orang tenaga medis yang tersedia di dua hotel, yaitu RedDoorz Plus Near Plaza Blok M dan RedDoorz Blora di Menteng.

Kedua hotel tersebut dipilih karena kedekatan lokasi dengan dua rumah sakit rujukan yang menangani cukup banyak kasus COVID-19 di Jakarta yaitu RSU Fatmawati, RSPAD Gatot Soebroto, dan RS Dr. Cipto Mangunkusumo.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kerja sama dengan RedDoorz dalam kesigapannya menyediakan fasilitas akomodasi terbaik.

Angela Tanoesoedibjo memastikan kesiapan akomodasi di RedDoorz
Angela Tanoesoedibjo saat memastikan kesiapan akomodasi di RedDoorz Plus Near Plaza Blok M, Jakarta, Kamis (2/4/2020)

"Saya berterima kasih atas dukungan berbagai pihak termasuk industri pariwisata yang sama-sama mendukung upaya penanggulangan COVID-19 ini. Saat ini, prioritas pemerintah adalah melindungi kesehatan dan keselamatan seluruh lapisan masyarakat," kata Angela Tanoesoedibjo saat memastikan kesiapan akomodasi di RedDoorz Plus Near Plaza Blok M, Jakarta, Kamis (2/4/2020)

Swiss-BelHotel Pondok Indah juga turut menyediakan akomodasi bagi tenaga medis dari Rumah Sakit Fatmawati Jakarta Selatan, salah satu rumah sakit rujukan penanganan COVID-19 di Jakarta.

“Kami tentunya merasa bangga karena bisa ikut berkontribusi dengan menyiapkan akomodasi bagi para tenaga medis.  Kami memberikan yang layanan terbaik dengan tetap memperhatikan SOP kesehatan,” kata Billy Tjandra, Assistant Regional Director-Sales and Marketing Swiss-Belhotel.

Billy memaparkan, pihaknya telah menyiapkan 80 kamar yang diperuntukkan bagi 150 tenaga medis yang menginap. Seluruh kamar tersebut dilengkapi fasilitas pendukung meliputi makanan, laundry pakaian, dan kebutuhan lainnya.

Yang mengharukan, kehadiran para pahlawan COVID-19 ini juga disambut dengan baik oleh para pekerja maupun staf hotel. Mereka merasa bangga karena dapat berkontribusi dalam upaya menghadapi pandemi Covid-19.

Wishnutama saat kunjungan ke Swiss-Belhotel
Wishnutama saat kunjungan ke Swiss-Belhotel Pondok Indah Jakarta Selatan, Kamis (2/4/2020).

“Dengan adanya tim dokter, tim medis, ataupun perawat yang menginap di sini, membuat saya merasa ikut berjuang bersama mereka untuk menghadapi virus Corona ini. Kita sangat mengapresiasi, terima kasih untuk tim dokter, kita merasa bangga bisa ikut membantu,” kata Agustian, staf divisi housekeeping.

Baca: Kemenparekraf Buka Pusat Krisis untuk Tekan Dampak Corona, Bisa Diakses di Sini

Direktur Utama RSUP Fatmawati dr. Mochammad Syafak Hanung, Sp. A, MPH ikut menyampaikan terima kasih atas dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam menyediakan akomodasi bagi lebih dari 150 tenaga kesehatan RSUP Fatmawati.

“Tidak hanya tempat menginap yang nyaman, tapi juga laundry dan makanan. Ini tentunya dapat mendukung kinerja tenaga kesehatan dan perawat kami, sehingga mereka bisa fokus melayani pasien,” kata Mochammad Syafak Hanung.

Apresiasi Menteri Wishnutama terhadap dukungan industri pariwisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama mengapresiasi langkah industri pariwisata, termasuk perhotelan yang memberikan akomodasi bagi tenaga kesehatan.

“Alhamdulillah sore ini kami mendapat dukungan lagi dari Swiss-Belhotel Pondok Indah dan RedDoorz untuk men-support tenaga kesehatan dari Rumah Sakit Fatmawati sebagai salah satu rumah sakit rujukan untuk menangani pandemi COVID-19,” kata Wishnutama saat kunjungan ke Swiss-Belhotel Pondok Indah Jakarta Selatan, Kamis (2/4/2020).

Baca: OYO Indonesia Siapkan Hotel untuk Petugas Medis di RSPAD Gatot Soebroto

Wishnutama mengatakan, sebagaimana hotel-hotel sebelumnya yang juga bekerja sama dengan Kemenparekraf/Baparekraf dalam menyiapkan akomodasi tenaga medis, ia memastikan fasilitas dan operasional hotel harus dijalankan dengan standar kesehatan yang baik.

“Saya sudah melihat fasilitas hotel ini dengan segala macam support-nya termasuk makanan, laundry, dan semua fasilitasnya dalam kondisi baik,” kata Wishnutama.

Lebih lanjut, ia mengatakan, “Sehingga para petugas kesehatan dapat beristirahat dengan baik, dekat dengan tempat pekerjaan, dan lebih efektif pekerjaannya. Begitu juga transportasinya, Antavaya menyediakan transportasi dari rumah sakit menuju hotel dan sebaliknya sehingga segala sesuatu lebih baik bagi petugas kesehatan berjuang menghadapi COVID-19 ini,” kata Wishnutama. (*)

Ikuti kami di
Penulis: Sponsored Content
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas