Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Hasil Uji Coba GeNose di Pelabuhan Tanjung Priok Efektif

Dari hasil uji coba tersebut, dia menegaskan Genose efektif dan dapat diterapkan sebagai alat tes wajib bagi calon penumpang.

Hasil Uji Coba GeNose di Pelabuhan Tanjung Priok Efektif
Ditjen Perhubungan Laut-Kemenhub
Alat deteksi Covid-19 GeNose telah selesai diujicoba sebagai alat penyaringan (screening) Covid-19 bagi para calon penumpang di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. 

TRIBUNNEWS.COM - Alat deteksi Covid-19 karya anak bangsa “Genose” telah selesai diujicoba sebagai alat penyaringan (screening) Covid-19 bagi para calon penumpang di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Penerapan tersebut sebatas uji coba yang dilakukan secara acak pada penumpang moda transportasi laut menggunakan kapal milik PT PELNI pada tanggal 1-7 Maret 2021.

Plt Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Inayatur Robbany mengungkapkan penggunaan Genose dilakukan kepada 290 penumpang selama masa uji coba. Dari hasil uji coba tersebut, dia menegaskan Genose efektif dan dapat diterapkan sebagai alat tes wajib bagi calon penumpang.

“Telah dilaksanakan Rapat Evaluasi Uji Coba Alat GeNose C19 yang dilaksanakan di Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok dan diikuti oleh instansi terkait yaitu Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Pelabuhan Tanjung Priok, Balai Kesehatan Kerja Pelayaran, PT Pelindo II (Persero) Cabang Tanjung Priok, PT. Pelni (Persero) Cabang Tanjung Priok,” kata dia, di Jakarta, Minggu (14/3/2021).

Dari hasil rapat evaluasi tersebut, Inayatur mengungkapkan seluruh pihak sepakat agar penerapan Genose dapat ditetapkan sebagai alat test wajib calon penumpang sebelum melakukan perjalanan.

“Bahwa perlu segera dikoordinasikan dengan pihak Gugus Tugas Covid 19 terkait dengan pelaksanaan tes Genose secara mandatory dan sebagai alternatif selain Tes Rapid Antigen pada para calon kapal Penumpang Kapal Laut,” kata dia.

Inayatur mengungkapkan PT Pelindo II Cabang Tanjung Priok selaku operator kapal juga telah menyiapkan SDM operator yang menangani tes GeNose.

“Dan telah dilakukan pelatihan dengan pihak PT Hikari Solusi sebagai salah satu konsorsium UGM,” ujarnya.

Dia melanjutkan, pihak KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan Tanjung Priok) juga telah siap memberikan dukungan terkait apabila ada calon penumpang yang didapati hasil tesnya positif.

“Jika ada yang hasil test dengan Genose itu positif maka akan dikomunikasikan dengan pihak Satgas Covid-19 dan telah bekerjasama dengan Wisma Karantina atau RSDC (Rumah Sakit Darurat Covid-19) Kemayoran,” lanjutnya.

Sementara itu, pihak BKKP telah menyusun SOP atau acuan sebagai pedoman dalam penggunaan tes GeNose, dan bersinergi dalam pelaksanaan GeNose di Pelabuhan Tanjung Priok.

Pihak PT PELNI Cabang Tanjung Priok juga telah siap melaksanakan dan mendukung pelaksanaan pemberlakuan tes GeNose kepada para calon Penumpang Kapal Laut.

Oleh karena itu, dia berharap penggunaan GeNose dan Rapid Antigen sebagai alat screening alternatif bagi calon penumpang sebelum melakukan perjalanan dengan menggunakan transportasi laut bisa segera diberlakukan.

“Dan menetapkan rencana Launching alat tes GeNose tersebut di Terminal Penumpang Nusantara Pura Pelabuhan Tanjung Priok,” tutupnya. (*)

Ikuti kami di
Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas