Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Sandiaga Berharap KEK Mandeh Turut Hadirkan Wisata Berbasis Budaya

Menteri Sandiaga Uno dukung pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Pesisir Selatan, di antaranya melalui program KEK Mandeh.

Sandiaga Berharap KEK Mandeh Turut Hadirkan Wisata Berbasis Budaya
ist
Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, pembangunan dan pengembangan desa wisata menjadi salah satu fokus dirinya saat ini. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendukung pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Pesisir Selatan, yang di antaranya dilakukan melalui program Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandeh.

Saat ini KEK Mandeh seluas 420 hektare itu masih menunggu pihak swasta yang ingin berinvestasi.

"Ada dua topik utama yang kita bahas, pertama adalah untuk menuntaskan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandeh yang sedang dirancang untuk menjadi satu di antara pusat pertumbuhan berbasis pariwisata. Kita akan sukseskan program KEK Mandeh yang tidak hanya untuk menghadirkan pariwisata berbasis alam, bahari, tapi juga budaya," kata Sandiaga, Sabtu (24/4/2021).

Baca juga: Mudik Lebaran Dilarang, Sandiaga Ajak Masyarakat Berwisata di Destinasi Wisata Lokal

Menurutnya, dalam menyukseskan program tersebut, diperlukan dukungan dan kolaborasi dari berbagai pihak. 

Termasuk, dalam melanjutkan program-program pengembangan yang tertunda seperti tourist information centre, homestay, juga desa wisata.  

"Salah satunya dapat dilakukan melalui pendekatan program kemitraan antara pemerintah dan dunia usaha. Jadi fokusnya tidak semua membebani anggaran pemerintah," kata Sandiaga.

Baca juga: Sandiaga Uno Dukung Gerakan Bersedekah Bersama di Bulan Ramadan

Sementara Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan yang dibutuhkan guna mendukung kesuksesan KEK Mandeh. 

"Kami berharap dukungan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk dapat memfasilitasi pembangunan KEK serta memfasilitasinya ke investor," kata Rusma. 

"Sehingga perkembangan di Pesisir Selatan, khususnya melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat menciptakan lapangan kerja dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat," sambung Rusma.

Ikuti kami di
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Theresia Felisiani
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas