Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Ratusan Orang Masyarakat Kupang Ikuti Program Padat Karya Ditjen Hubla 2021

Padat karya ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada tanggal 27 s.d. 28 April 2021 yang bertempat di sekitar Kantor Distrik Navigasi Kelas II Kupang.

Ratusan Orang Masyarakat Kupang Ikuti Program Padat Karya Ditjen Hubla 2021
dok. Kemenhub
Penyerahan alat keselamatan kerja berupa safety helm, jacket safety dan masker secara simbolis kepada perwakilan peserta Program Padat Karya. 

TRIBUNNEWS.COM - Di bulan suci Ramadan tahun 2021 (1442 H) ini, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Kantor Distrik Navigasi Kelas II Kupang menggelar padat karya dalam rangka menindaklanjuti instruksi Presiden RI Joko Widodo untuk mendukung percepatan pengentasan kemiskinan bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Acara padat karya ini dibuka secara langsung oleh Direktur Kenavigasian, Hengki Angkasawan di Dermaga Distrik Navigasi Kelas II Kupang dengan ditandai penekanan sirine secara bersama-sama Anggota Komite II DPD RI Dapil NTT dan Kepala Distrik Navigasi Kelas II Kupang, Muhammad Israyadi serta perwakilan dari Sekda Kota Kupang.

"Tujuan dilaksanakan padat karya ini adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar Kantor Distrik Navigasi Kelas II Kupang dan membantu mengurangi angka pengangguran akibat kehilangan pekerjaan tetap atau pemutusan hubungan kerja serta mendukung pemerintah untuk mempercepat pengentasan kemiskinan terhadap masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19," kata Hengki di Kupang NTT, Selasa (27/4).

Lebih lanjut dalam sambutannya Hengki mengatakan bahwa pelaksanaan padat karya kali ini berbeda dengan tahun lalu karena bertepatan dengan bulan suci ramadan.

"Selama kegiatan berlangsung saya berharap kita semua tetap menjalankan protokol kesehatan guna berupaya memutuskan rantai penyebaran Covid-19 dan memperhatikan keselamatan dalam bekerja," tambahnya.

"Saya juga berharap 100 (seratus) orang peserta yang terlibat dalam pelaksanaan padat karya kali ini benar-benar dapat merasakan manfaatnya sehingga target pemerintah untuk mempercepat pengentasan kemiskinan yang terdampak pandemi Covid - 19 bisa tercapai," tutup Hengki.

Pada acara padat karya kali ini dilakukan penyerahan alat keselamatan kerja berupa safety helm, jacket safety dan masker secara simbolis diberikan oleh Direktur Kenavigasian, Anggota Komite II DPD RI Dapil NTT, Kepala Distrik Navigasi Kelas II Kupang dan perwakilan dari Sekda Kota Kupang kepada 5 (lima) orang perwakilan peserta padat karya.

Selain itu, pada kesempatan yang sama juga dilakukan pemberian bantuan berupa sembako yang diberikan secara simbolis kepada 5 (lima) orang warga korban bencana alam badai siklon tropis seroja di sekitar Kantor Distrik Navigasi Kelas II Kupang.

Padat karya ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada tanggal 27 s.d. 28 April 2021 yang bertempat di sekitar Kantor Distrik Navigasi Kelas II Kupang antara lain dermaga, fasilitas dan gedung kantor dengan melakukan pembersihan, pemasangan genteng serta pengecatan Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP).

Kegiatan padat karya ini merujuk pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 73 Tahun 2018 Tentang Tata Cara Penyelenggaraan Program Padat Karya Di Lingkungan Kementerian Perhubungan.

Adapun sumber pelaksanaan program padat karya ini dilaksanakan dengan menggunakan dana APBN yang tertuang dalam DIPA Kantor Distrik Navigasi Kelas II Kupang Tahun 2021.

"Pemberian upah para peserta padat karya ini akan diberikan secara tunai dengan durasi waktu pelaksanaan kerja 7 (tujuh) jam setiap hari selama 2 (dua) hari berdasarkan standar upah minimum di Provinsi NTT," ujar Israyadi.

Lebih lanjut Israyadi mengatakan tahun 2021 ini adalah tahun kedua Kantor Distrik Navigasi Kelas II melaksanakan kegiatan padat karya untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

"Saya berharap semoga padat karya ini dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahun agar terciptanya lapangan pekerjaan yang dapat membantu meningkatan ekonomi masyarakat sekitar Kantor Distrik Navigasi Kelas II Kupang," tutup Israyadi.

Sebagai informasi, turut hadir pada acara padat karya ini perwakilan dari Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kupang dan Kepala Dinas Pehubungan Provinsi NTT, General Manager PT. Pelindo III Cabang Tenau Kupang, Kepala Cabang PT. Pelni Cabang Kupang, Lurah Alak Kota Kupang dan seluruh para Kepala Kantor KSOP dan UPP di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut wilayah NTT. (*)

Ikuti kami di
Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas