Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Erick Thohir: Peresmian Subholding Shipping Wujudkan Mimpi SIP Jadi Global Player

Pertamina melakukan gebrakan terbaru dengan meresmikan PT Pertamina International Shipping (PIS) sebagai subholding shipping

Erick Thohir: Peresmian Subholding Shipping Wujudkan Mimpi SIP Jadi Global Player
Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir saat peresmian Subholding Shipping PT Pertamina International Shipping (PIS), di Ruang Yudhistira, Gedung Patra Jasa, Jakarta, Rabu (5/5/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berperan besar menjaga ketahan energi di Indonesia, PT Pertamina  (Persero) tak henti-hentinya terus melakukan transformasi demi transfromasi untuk menjadi ‘perusahaan kelas dunia’ yang dapat bersaing di pasar global.

Demi mewujudkan mimpi tersebut, Pertamina melakukan gebrakan terbaru dengan meresmikan PT Pertamina International Shipping (PIS) sebagai subholding shipping atau logistik laut pertama dari Pertamina, di Ruang Yudhistira, Gedung Patra Jasa, Jakarta, Rabu (5/5/2021).

Didirikan pada tahun 2016, PIS menjelma menjadi perusahaan shipping terkemuka di Asia. Bahkan hanya berselang dua tahun dari pendirian, yakni pada tahun 2018, PIS sukses mendirikan beberapa anak perusahaan, di antaranya Pertamina International Shipping Pte.Ltd pada 10 Agustus 2018, PIS Paragon Pte Ltd, dan PIS Polaris Pte Ltd pada 4 Desember 2018.

Dengan transformasi yang terus dilakukan, PIS telah memiliki total 539 kapal hingga tahun ini. Sebanyak 71 kapal tanker migas dari Pertamina diterima awal bulan Mei sebagai bentuk inbreng dari pembentukan Subholding Pertamina shipping dan marine logistics.

Pertamina  sudah dijalur yang benar

Menteri BUMN Erick Thohir yang menghadiri secara langsung peresmian PT PIS ini mengungkapkan bahwa proses transformasi yang dilakukan Pertamina sudah sesuai jalur atau berada pada jalur yang benar.

“Pembentukan Subholding PIS hari ini merupakan satu tonggak penting bagi transformasi Pertamina ke depan,” tutur Menteri BUMN.

Erick menjelaskan pembentukan Subholding ini searah dengan arah ekonomi Indonesia, yakni membuat BUMN maju dan lebih kuat, terutama di masa pandemi yang menyadarkan kita untuk bangun dan mempercepat langkah agar bisa bertransformasi lebih maju lagi.

“Oleh karena itu, sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia, BUMN dan anak usahanya diharapkan dapat terus melakukan transformasi, penciptaan nilai, dan memberikan dampak serta manfaat kepada masyarakat," ujar Menteri Erick.

Peresmian PT PIS, tambah Erick, merupakan sebuah transformasi yang ia percaya mampu membawa manfaat positif bagi dunia logistik kelautan Indonesia, dan membuat Indonesia kini memiliki integrated marine logistics yang tidak hanya berhenti di kegiatan perkapalan saja, tetapi juga secara komprehensif menangani storage.

"Dengan demikian, pelabuhannya juga dapat difokuskan untuk menjaga ketahanan energi,” ujar Erick, yang kemudian mengucapkan selamat atas keberhasilan Pertamina dalam menyelesaikan proses pembentukan subholding shipping ini dengan baik.

“Saya berharap Pertamina International Shipping dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya pemenuhan supply chain nasional dan menjadi global player dalam industri marine logistics," tutup Erick.

Selain Menteri BUMN Erick Thohir, peresmian PT PIS juga dihadiri oleh Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, Komisaris Utama PIS A. Junaedy Ganie, dan jajaran Direksi Subholding Shipping.

Ikuti kami di
Admin: Sponsored Content
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas