Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kemnaker Adakan Kembali Vaksinasi Covid-19 Bagi Seribu Pekerja Dan Buruh

Program vaksinasi bagi pekerja/buruh ini bertujuan memberi perlindungan keselamatan dan kesehatan khususnya bagi para pekerja/buruh

Kemnaker Adakan Kembali Vaksinasi Covid-19 Bagi Seribu Pekerja Dan Buruh
dok. Kemnaker
Kegiatan vaksinasi Covid-19 tahap ke-2 diikuti oleh sekitar seribu orang perwakilan dari serikat buruh/serikat pekerja 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Masih dalam rangkaian peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day tahun 2021, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kembali mengadakan program vaksinasi Covid-19 bagi pekerja/buruh di Gedung Serbaguna Kemnaker, Jakarta, Rabu (2/6/2021).

Kegiatan vaksinasi Covid-19 tahap ke-2 ini dilaksanakan selama 2 hari, 2 s.d 3 Juni 2021 dan diikuti sekitar seribu orang perwakilan serikat buruh/serikat pekerja (SP/SB) yang antara lain dihadiri anggota yang berasal dari KSPI, KSBSI, Sarbumusi, dan KSPN.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, kegiatan vaksinasi Covid-19 yang ditujukan bagi para pekerja/buruh ini bertujuan mengendalikan laju penularan Covid-19, khususnya pada klaster pekerja/buruh.

“Program vaksinasi ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah untuk memutus rantai penularan Covid-19 dan memberi perlindungan keselamatan dan kesehatan khususnya bagi pekerja/buruh, sehingga dapat bekerja dan beraktivitas secara normal,” kata Menaker Ida.

Meskipun sudah dilakukan vaksinasi, Menaker Ida mengingatkan pekerja/buruh agar tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan di di tempat kerja maupun di lingkungan masyarakat.

Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI dan Jamsos) Kemnaker Indah Anggoro Putri juga mengharapkan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini dapat berjalan lancar dan pekerja yang sudah mengikuti vaksinasi dapat meningkatkan produktivitas dalam bekerja.

"Kiranya dari kegiatan vaksinasi yang kedua ini bisa berjalan dengan baik seperti vaksinasi Covid-19 yang pertama. Mudah-mudahan pelaksanaan vaksinasi ini dapat mempercepat pemulihan sektor ketenagakerjaan dan perekonomian yang selama ini terdampak Pandemi Covid-19," katanya.

Sementara itu, Presiden Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI), Elly Rosita Silaban, mengapresiasi apa yang sudah dilakukan pemerintah terutama Kemnaker dalam melaksanaan vaksinasi tahap kedua Covid-19 bagi para pekerja dan buruh. Inilah yang ditunggu oleh Serikat Pekerja dan Serikat Buruh agar dapat hidup kembali normal.

"Semua pihak wajib bekerja sama dalam menghindarkan diri dari ancaman pandemi Covid-19. Kedepannya, kami juga berharap kerja sama yang baik antara pemerintah dengan Serikat Pekerja/Buruh akan tetap berlanjut dalam menghadapi berbagai persoalan ketenagakerjaan," kata Elly Rosita.

Sementara itu, Idris Palar, perwakilan dari Hubungan Luar Negeri dan Buruh Migran DPP KSPSI, juga menyambut positif apa yang dilakukan Kemnaker dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kedua ini.

Idris juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Menaker Ida Fauziyah yang sudah maksimal dalam memperhatikan kesehatan pekerja dan buruh. "Buruh dan pekerja masih sangat membutuhkan vaksin Covid-19 ini, saya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Kemnaker pada pelaksanaan vaksin kedua Covid-19 ini," kata Idris Palar.(*)

Ikuti kami di
Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas