Tribun

Tanggapi Gempa, Wakil Ketua MPR: Bantuan Harus Merata dan Segera Buat Rencana Pemulihan

Wakil Ketua MPR RI Fraksi Partai Demokrat, Syarief Hasan mendorong Pemerintah dan stakeholders terkait untuk memberi perhatian untuk gempa Cianjur

Editor: Content Writer
zoom-in Tanggapi Gempa, Wakil Ketua MPR: Bantuan Harus Merata dan Segera Buat Rencana Pemulihan
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Syarief Hasan saat ditemui awak media di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Jumat (16/9/2022). 

TRIBUNNEWS.COM - Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Syarief Hasan mendorong Pemerintah dan stakeholders terkait untuk memberikan perhatian khusus terhadap kondisi masyarakat terdampak bencana gempa di Cianjur, Jawa Barat. Pasalnya, masih banyak masyarakat pengungsi di Cianjur yang belum mendapatkan bantuan, baik makanan maupun pakaian.

Syarief Hasan meyarankan, penyaluran bantuan dapat menjangkau seluruh pengungsi. "Kami sangat berharap, bantuan-bantuan, baik dari Pemerintah maupun masyarakat umum dapat disebar secara merata dgn cara menghantar langsung sehingga semua pengungsi dapat terjangkau hingga di pelosok-pelosok pengungsian, bukan hanya yang berada di disekitar posko utama.", Ungkap Syarief Hasan.

Dalam kesempatan itu, Syarief Hasan juga menyampaikan bela sungkawanya terhadap bencana yang melanda Cianjur dan sekitarnya. "Saya menyampaikan duka cita mendalam atas bencana gempa yang melanda Cianjur dan sekitarnya. Semoga para korban ditempatkan di tempat terbaik di sisi Allah dan masyarakat Cianjur dapat dikuatkan oleh-Nya.", Ungkap Syarief Hasan.

Berdasarkan informasi terbaru dari Pemkab Cianjur, gempa bumi dengan kekuatan 5,6 SR yang melanda Cianjur dan sekitarnya menyebabkan korban jiwa mencapai 315 orang dan luka-luka sebanyaknya 2.046 orang. Sementara, masih ada 39 orang yang hilang dan ribuan orang mengungsi.

Sementara itu gempa susulan masih terjadi terakhir kekuatan 4.1 SR, yg mengakibatkan Rakyat masih cemas hingga saat ini.

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat ini mendorong Pemerintah untuk menyiapkan program rehabilitasi konstruksi ke depan. "Kita akan mendorong Pemerintah agar rumah atau bangunan umum yang rusak dapat segera direhabilitasi pasca kondisi bencana sudah membaik kembali.", Ungkap Syarief Hasan.

Syarief Hasan menyebut, proses rehabilitasi yang dilakukan harus cepat. "Kita tentu mendorong agar proses rehabilitasinya berjalan cepat agar masyarakat dapat pulih kembali. Namun, tentu proses rehabilitasi ini harus memperhatikan kondisi bencana. Semoga bencana ini dapat segera berhenti.dan dapat diatasi dgn.baik", Ungkap Syarief Hasan.

Syarief Hasan menyebut komitmennya membantu masyarakat yang terdampak bencana. "Saya atas nama Pimpinan MPR RI dan Fraksi Partai Demokrat berkomitmen untuk terus membantu masyarakat Cianjur. Kami berharap, dengan bantuan tersebut dapat meringankan beban yang sedang dialami masyarakat.", Ungkap Syarief Hasan.

Politisi senior Partai Demokrat ini juga mendorong Pemerintah untuk memperkuat manajemen kebencanaan. "Negara kita ini berada di ring of fire sehingga potensi bencana alam sangat besar. Pemerintah harus menyadari itu dan lebih peka untuk memperkuat disaster management.", Ungkap Syarief Hasan.

Ia melanjutkan, disaster warning juga harus sudah dikembangkan. "Banyaknya korban yang berjatuhan seringkali karena tidak adanya warning akan terjadinya bencana. Ini perlu dievaluasi dan dikembangkan, seperti yang dilakukan Jepang menghadapi bencana alam.", Ungkap Syarief Hasan.

Syarief Hasan berharap, kondisi masyarakat Cianjur segera pulih kembali. "Saya juga berharap, masa sulit ini segera berakhir dan kondisi masyarakat, khususnya Cianjur yang dilanda gempa bumi dapat segera pulih kembali.", Lanjut Syarief Hasan.

"Kami dari Fraksi Partai Demokrat akan terus membantu masyarakat dalam proses pemulihan bencana gempa ini. Doa kami untuk masyarakat Cianjur.", Tutup Syarief Hasan.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas