Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tingkatkan Ekspansi UMKM, Lestari Moerdijat Sebut Perlu Dukungan dari Tingkat Pusat dan Daerah

Lestari Moerdijat sebut untuk tingkatkan peluang ekspansi UMKM di Tanah Air perlu dukungan dari pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah.

Penulis: Fransisca Andeska
Editor: Content Writer
zoom-in Tingkatkan Ekspansi UMKM, Lestari Moerdijat Sebut Perlu Dukungan dari Tingkat Pusat dan Daerah
Istimewa
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat 

TRIBUNNEWS.COM - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan, untuk terus meningkatkan peluang ekspansi UMKM di Tanah Air perlu adanya dukungan dari para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah. 

"Peluang sektor UMKM saat ini terus berkembang, maka perlu untuk terus dijaga agar keberlangsungan pertumbuhan salah satu sektor ekonomi kita ini dapat terwujud dengan baik," ujar Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Jumat (1/9/2023). 

Sebagai informasi, lembaga riset salah satu bank nasional mempublikasikan Indeks Bisnis UMKM tercatat pada kuartal II-2023 bahwa Indeks Bisnis UMKM nasional berada pada level 109,6 atau meningkat 4,5 poin dari survei sebelumnya. Angka itu menunjukkan bahwa ekspansi bisnis UMKM nasional terus berlanjut dengan akselerasi meningkat. 




Pada publikasi itu terungkap juga bawah pada kuartal III-2023, para pelaku UMKM optimistis untuk melanjutkan ekspansi usaha. Hal itu tercermin dari Indeks Ekspektasi Bisnis UMKM yang berada di level yang terbilang tinggi yaitu 128,4 atau di atas 100. 

Baca juga: Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat Dorong Ekosistem Pendidikan yang Lebih Inovatif dan Adaptif

Maka itu, perempuan yang akrab disapa Rerie ini menyebutkan bahwa catatan lembaga riset tersebut harus benar-benar direalisasikan dengan langkah nyata, yakni berupa kesiapan infrastruktur penunjang percepatan pertumbuhan UMKM nasional. 

Rerie pun berpendapat, pemenuhan kebutuhan sektor UMKM seperti kemudahan aksesibilitas permodalan, teknologi informasi, peningkatan kualitas layanan, keunggulan kompetitif, dan inovasi, sangat dibutuhkan dalam proses akselerasi. 

Dalam mewujudkan sejumlah kebutuhan itu, perempuan yang juga legislator dari Dapil II Jawa Tengah itu mengatakan, kesiapan SDM untuk penguatan literasi keuangan dan bisnis, serta peningkatan kompetensi dalam pemanfaatan teknologi informasi harus segera dilakukan. 

BERITA TERKAIT

Menurutnya, kolaborasi yang baik antar-kementerian dan lembaga dalam mendukung tersedianya kebutuhan sektor UMKM tersebut harus konsisten diwujudkan, agar momentum pertumbuhan yang terjadi dapat di akselerasi dengan baik.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu sangat berharap percepatan pertumbuhan sektor UMKM di tanah air dapat direalisasikan sehingga dapat ikut memperkokoh dan menopang pertumbuhan perekonomian nasional.

Baca juga: Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat Upayakan Hapus Stigma dan Diskriminasi Terhadap Penderita TB

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas