Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gus Jazil Tekankan Pentingnya Nilai-Nilai Pancasila Menghadapi Era Disrupsi

Ini menjadi tantangan menghadapi era disrupsi. Nilai-nilai (yang terkandung dalam Pancasila) tidak boleh berubah. Nilai-nilai itu seperti nilai-nilai

Editor: Content Writer
zoom-in Gus Jazil Tekankan Pentingnya Nilai-Nilai Pancasila Menghadapi Era Disrupsi
istimewa
Jazilul Fawaid ketika membuka Sosialisasi Empat Pilar MPR yang dirangkai dengan Konvensi dan Deklarasi Majelis Kridatama Pancasila, di Ruang Delegasi, Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Senin (26/8/20204). 

TRIBUNNEWS.COM - Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid menekankan pentingnya nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila untuk menghadapi tantangan dan perubahan di masa depan. Terlebih di era disrupsi seperti sekarang ini ketika orientasi masyarakat lebih pada pragmatisme. Sekalipun era saat sekarang berbeda dengan masa lalu tetapi nilai-nilai dalam Pancasila tetap berlaku.

“Ini menjadi tantangan menghadapi era disrupsi. Nilai-nilai (yang terkandung dalam Pancasila) tidak boleh berubah. Nilai-nilai itu seperti nilai-nilai kejujuran, keberanian, dan tanggungjawab itu seharusnya tercermin pada penyelenggara negara,” kata Jazilul Fawaid ketika membuka Sosialisasi Empat Pilar MPR yang dirangkai dengan Konvensi dan Deklarasi Majelis Kridatama Pancasila, di Ruang Delegasi, Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Senin (26/8/20204).

Hadir dalam Konvensi dan Deklarasi Majelis Kridatama ini antara lain Ketua Penyelenggara Dr. A. Hanief Saha Ghofur, Ketua Dewan Pakar BPIP Prof. Dr. Ermaya Suradinata, Mayjen TNI Dr. Pujo Widodo (Universitas Pertahanan), K.H. Abdul Muhaimin, jajaran Deputi dan direktur di BPIP, tokoh masyarakat, dan mahasiswa.

Baca juga: Waka MPR Gus Jazil Raih Penghargaan Bintang Mahaputera dari Presiden Jokowi




Gus Jazil, sapaan Jazilul Fawaid, mengungkapkan Indonesia memiliki nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila. Sedangkan nilai-nilai Pancasila bisa diterapkan dimanapun. “Meski hanya lima sila, tetapi Pancasila bisa merangkai kekuatan dari Sabang sampai Merauke. Dengan Pancasila, berbagai agama dan kepercayaan bisa hidup berdampingan di Indonesia. Nilai persatuan sudah ada sebelum Indonesia lahir,” katanya.

Menurut Gus Jazil, nilai-nilai dalam Pancasila merupakan atau berasal dari puncak budaya bangsa Indonesia. “Pancasila menjadi sesuatu yang hidup dan menjadi dasar di setiap etape perjalanan bangsa Indonesia. Pancasila menjadi kekuatan yang merekatkan seluruh kehidupan masyarakat Indonesia. Ini harus selalu kita jaga. Pancasila adalah philosophische groundslag yang menjadi jiwa, ruh, dan pikiran seluruh masyarakat Indonesia,” papar politisi PKB ini.

Karena itu, lanjut Gus Jazil, konstitusi dan undang-undang jangan sampai melanggar Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, Perikemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. “Jangan sampai membuat UU yang diskriminatif, ‘melukai persatuian’, dan memecah belah,” tuturnya.

Dia menambahkan nilai-nilai (Pancasila) itu dibentuk dan diajarkan melalui keteladanan. Karena itu, Gus Jazil mengusulkan agar BPIP memberikan penghargaan kepada tokoh atau orang-orang yang dinilai Pancasilais. “Penghargaan ini penting agar menjadi teladan, patron, bahwa itulah orang yang Pancasilais,” ujarnya.

BERITA TERKAIT

Gus Jazil juga mengapresiasi pembentukan Majelis Kridatama Pancasila. Para tokoh yang terlibat dalam pembentukan Majelis Kridatama Pancasila ini telah melakukan langkah penting karena mengajak masyarakat kembali pada nilai-nilai (Pancasila) dan melestarikan budaya bangsa. “Majelis Kridatama Pancasila harus membangkitkan kembali kekayaan nilai-nilai yang dimiliki Indonesia. Majelis Kridatama Pancasila jangan hanya mendalami dan mendiskusikan Pancasila tetapi harus bisa mempraktikan hal-hal kecil yang bisa dilakukan sehari-hari untuk menunjukkan bahwa Indonesia sebagai negara besar memiliki jati diri dan budaya yang unggul,” pungkasnya.

Baca juga: Gus Jazil Kembali Terpilih Jadi Ketua Umum IKAPTIQ

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas