Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Cara Mudah Tes Kelayakan Kendaraan Lewat Aplikasi E-Uji Emisi

Mengikuti perkembangan zaman, Pemprov DKI Jakarta meluncurkan aplikasi E-Uji Emisi yang memberikan kemudahan melakukan uji emisi kendaraan

Cara Mudah Tes Kelayakan Kendaraan Lewat Aplikasi E-Uji Emisi
TRIBUNNEWS.COM/Firda Fitri Yanda
Ilustrasi Aplikasi E-Uji Emisi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ingin menguji emisi kendaraan bermotor yang dimiliki? Mengikuti perkembangan zaman, Pemprov DKI Jakarta meluncurkan aplikasi E-Uji Emisi. Aplikasi E-Uji Emisi ini diluncurkan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta. Tujuannya, untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat yang akan melakukan uji emisi kendaraan yang dimilikinya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Andono Warih mengatakan, aplikasi ini untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi uji emisi.

“Aplikasi E-Uji Emisi ini baru dapat digunakan untuk pengguna Android. Di aplikasi ini ada berbagai informasi seputar uji emisi yang dapat digunakan masyarakat,” kata Andono saat berbincang di Balaikota Jakarta, belum lama ini.

Fitur Utama Aplikasi E-Uji Emisi

Membantu warga Jakarta secara mudah mengecek tingkat emisi kendaraan mereka, aplikasi E-Uji Emisi punya beberapa fitur utama yang bermanfaat. Fitur itu diantaranya Pengecekan Hasil Uji Emisi Kendaraan; Sejarah Uji Emisi Kendaraan; Informasi daftar Bengkel Pelaksana Uji Emisi (BPUE) terdekat dari lokasi Anda; Pendaftaran BPUE; Pendaftaran Kendaraan untuk dilakukan pengujian; dan Informasi dan Kegiatan terkait Uji Emisi.

Awalnya, pengguna memasukkan plat nomor kendaraan. Kemudian, aplikasi tersebut akan menampilkan secara lengkap sejarah uji emisi kendaraan tersebut. Biasanya, uji emisi kendaraan itu dilakukan setiap enam bulan sekali. Pengguna juga dapat mencari tahu bengkel-bengkel uji emisi terdekat dari lokasi di mana dia berada.

Semakin Banyak Bengkel Terintegrasi Aplikasi

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Andono Warih, juga menyampaikan, kini, sebanyak 155 bengkel telah terintegrasi dengan aplikasi E-Uji Emisi untuk layanan uji emisi kendaraan di Jakarta. Dia berharap semakin banyak bengkel yang terintegrasi dengan aplikasi tersebut.

"Semakin banyak bengkel yang memberikan layanan uji emisi akan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk ikut berkontribusi meminimalkan polusi di Jakarta," kata dia.

Dia menargetkan 933 unit bengkel uji emisi untuk mewujudkan Jakarta bebas populasi pada 2020. Saat ini, ada 7 juta mobil yang melakukan uji emisi selama setahun. Dalam satu tahun, mereka melakukan dua kali uji emisi dengan perhitungan satu bengkel melayani 25 mobil dalam sehari.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Content Writer
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas