Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Langkah Inovatif Pemprov DKI Berikan Pangan Murah Bagi Warga Jakarta

Dalam mewujudkan Jakarta berketahanan, banyak langkah dilakukan Pemprov DKI Jakarta, terutama dalam dua tahun masa kepemimpinan Anies Baswedan.

Langkah Inovatif Pemprov DKI Berikan Pangan Murah Bagi Warga Jakarta
ISTIMEWA
JakGrosir, salah satu usaha Pemprov memberikan harga pangan murah kepada masyarakat Jakarta. 

TRIBUNNEWS.COM – Dalam mewujudkan Jakarta berketahanan yang menyediakan kebutuhan pangan dengan harga terjangkau, banyak langkah dilakukan Pemprov DKI Jakarta, terutama dalam dua tahun masa kepemimpinan Anies Baswedan.

Yang terbaru, pada 22 September 2019 lalu, Pemprov DKI Jakarta meresmikan JakGrosir yang merupakan pusat perkulakan pertama di Kepulauan Seribu. Berlokasi di Pulau Tidung Kecil, pada tempat ini semua kebutuhan pangan dijual dengan harga terjangkau.

Kehadiran JakGrosir juga menjadi salah satu strategi dari Pemprov DKI untuk bisa menurunkan harga bahan pangan di Kepulauan Seribu yang saat ini masih cukup tinggi dibandingkan harga yang ada di daratan Jakarta. Kini, para pedagang bisa mendapatkan harga murah dan bersaing, dengan berbelanja di tempat ini, tanpa harus mengularkan biaya transportasi ke daratan Jakarta.

Masyarakat juga bisa mendapatkan kebutuhan pangan murah lewat produk-produk yang disubsidi. Misalnya saja, harga daging sapi yang dijual dengan harga Rp 35.000 per kg, daging ayam Rp 8.000 per kg, telur ayam Rp 10.000 per tray, beras Rp 30.000 per 5 kg, ikan sekitar Rp 13.000 per kg, dan susu Rp. 30.000 per karton isi 24 berukuran 200ml.

Satu paket komoditas ini dihargai sekitar Rp 126.000 yang tentu saja jauh lebih murah bila dibandingkan harga pasarannya dengan kisaran harga Rp 350.000.

Selain di JakGrosir Pulau Tidung Kecil, program pangan murah juga diselenggarakan di pasar-pasar dan JakGrosir lain yang tersebar di seluruh Jakarta, buka setiap hari Senin – Sabtu pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Pangan murah juga bisa diperoleh di sejumlah rusun dan RPTRA yang telah dijadwalkan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta, rutin diadakan setiap bulan, pada pukul 08.00 – 12.00 WIB.  Informasi seputar lokasi program pangan murah bisa diakses masyarakat melalui situs infopangan.jakarta.go.id, juga di akun resmi media sosial Pemprov DKI Jakarta.

Mereka yang bisa memanfaatkan program ini adalah para penerima kartu kesejahteraan sosial (KJP Plus, Kartu Lansia, Kartu Penyandang Disabilitas, Kartu Pekerja), PPSU dan PHL yang memiliki penghasilan sebesar UMP.

Aplikasi Pantau Harga Pangan

Selain memberikan bantuan langsung terhadap masyarakat, Pemprov DKI Jakarta juga menghadirkan inovasi terutama dalam hal informasi pangan lewat hadirnya aplikasi Info Pangan Murah Jakarta.

Pada aplikasi ini banyak sekali informasi yang bisa diakses mulai dari info harga pangan seperti harga beras, minyak, cabai, bawang, ayam, gula, dan bahan pangan lainnya yang ada di pasar eceran dan pasar induk.

Hadir juga informasi mengenai IHK dan inflasi, berita terkini mengenai pangan, hingga bisa berbelanja kebutuhan pangan dengan harga murah dan lengkap hanya lewat aplikasi saja.(*)

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Content Writer
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas