Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Jakarta Catat Sejarah Baru! Raih Posisi Tertinggi Realisasi Investasi di Indonesia

Jakarta telah menjadi primadona bagi investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

Jakarta Catat Sejarah Baru! Raih Posisi Tertinggi Realisasi Investasi di Indonesia
Pemprov DKI
Kantor Jakarta Investment Center. 

TRIBUNNEWS.COM - Jakarta telah menjadi primadona bagi investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Hal ini terlihat dari Perkembangan Realisasi Investasi di Jakarta yang terus menunjukkan peningkatan signifikan dari tahun ke tahun, bahkan menduduki peringkat pertama dan menjadi perolehan realisasi investasi terbesar dalam sejarah realisasi investasi per triwulan di Jakarta.

Capaian ini terlihat dalam data Realisasi Investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA) pada periode Triwulan III (Juli s.d. September) tahun 2019 yang dirilis Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia.

Dalam data tersebut, Realisasi Investasi di Indonesia mencapai Rp 205,7 triliun, di mana Realisasi Investasi berdasarkan lokasi proyek terbesar (lima besar), yaitu DKI Jakarta (Rp 41,1 triliun, 20,0%); Jawa Barat (Rp 33,4 triliun, 16,2%); Jawa Timur (Rp 14,8 triliun, 7,2%); Riau (Rp 13,1 triliun, 6,4%); dan Jawa Tengah (Rp 11,1 triliun, 5,4%).

Baca: PMTAS, Upaya Pemprov DKI Cetak Generasi Penerus Cerdas-Bergizi Baik

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra, menyampaikan realisasi investasi pada Triwulan III tahun 2019 telah menorehkan catatan kinerja terbaik bidang penanaman modal bagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Realisasi investasi PMDN dan PMA pada Triwulan III tahun 2019 berhasil menembus Rp 41,1 triliun. Angka ini merupakan tertinggi dalam sejarah realisasi investasi DKI Jakarta per triwulan,” Ujar Benni saat ditemui di Jakarta Investment Centre, Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta, Jakarta Selatan, Rabu (6/11/2019).

Realisasi Investasi Provinsi DKI Jakarta pada Triwulan III tahun 2019 ini meningkat 56,9 % dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2018.

Realisasi Investasi tersebut terdiri dari realisasi PMDN sebesar Rp 15 triliun dengan 708 proyek, dan realisasi PMA sebesar Rp 26,1 triliun (US$ 1,7 miliar) dengan 2.552 proyek. Pada periode triwulan III tahun 2019, realisasi PMA di Provinsi DKI Jakarta tertinggi dibandingkan realisasi PMA provinsi lain di Indonesia.

Baca: KPK Ingatkan Pemprov DKI soal Perbaikan E-Budgeting, Ini Kata Anies Baswedan

“Berbagai program dan kebijakan Gubernur Anies Baswedan terkait bidang penanaman modal dan kemudahan perizinan telah menjadikan DKI Jakarta sebagai primadona investasi bagi para investor dalam negeri maupun investor asing yang akan menanamkan modalnya di Indonesia,” ujar Benni.

Lebih lanjut Benni menerangkan sektor yang paling diminati oleh para investor PMDN yaitu Konstruksi (Rp 5,8 triliun); Transportasi, Gudang dan Telekomunikasi (Rp 5 triliun); dan Perumahan, Kawasan Industri dan Perkantoran (Rp 2 triliun).

Sedangkan, sektor yang paling diminati oleh para investor PMA adalah Transportasi, Gudang dan Telekomunikasi (Rp 21,1 triliun); Perumahan, Kawasan Industri dan Perkantoran (Rp 3 triliun); dan Jasa Lainnya (Rp 1 triliun).

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Content Writer
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas