Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Jakarta Terkini

Kolaborasi Siapkan Akomodasi Bagi Tenaga Medis COVID-19

Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan hotel milik BUMD dan Pemerintah Pusat melalui Kemenparekraf RI dalam menyiapkan akomodasi bagi tenaga medis.

Kolaborasi Siapkan Akomodasi Bagi Tenaga Medis COVID-19
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Potret tenaga medis saat bertugas dan bersiap membawa orang tanpa gejala (OTG) menggunakan bus sekolah di Puskesmas Kecamatan Jatinegara, Jakarta, Rabu (23/9/2020). TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS, JAKARTA - Bertugas sebagai tenaga medis yang menangani COVID-19 bukanlah hal yang mudah. Nyawa menjadi taruhannya. Risiko yang sangat tinggi terpapar virus tersebut membuat Pemprov DKI Jakarta menyediakan akomodasi bagi tenaga medis.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti mengatakan, Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan hotel milik BUMD dan Pemerintah Pusat melalui Kemenparekraf RI dalam menyiapkan fasilitas penginapan tersebut. Terdapat 6 hotel milik BUMD dan 5 hotel dari Kemenparekraf yang disiapkan bagi tenaga kesehatan.

“Mereka juga disediakan layanan transportasi antar-jemput dari hotel ke RS ataupun sebaliknya. Para tenaga medis ini juga disediakan konsumsi berupa meal box 2 kali sehari untuk yang sedang bertugas, dan 3 kali sehari untuk yang libur, ditambah snack. Ada juga layanan laundry,” jelas Widyastuti, pada Selasa (10/11/2020).

Lebih lanjut, Widyastuti mengungkapkan, protokol kesehatan diterapkan dengan ketat di hotel yang disediakan tersebut agar tidak menimbulkan klaster baru di tempat penginapan. “Di antaranya, wajib mengenakan masker selama keluar kamar, menjaga jarak selama di luar kamar, dan rutin mencuci tangan, serta desinfeksi ruangan,” ungkapnya.

Widyastuti lantas memberikan rincian hotel BUMD yang telah disiapkan Pemprov DKI Jakarta untuk tenaga medis, yaitu:

  • Grand Cempaka Business
  • D’Arcici Al hijra
  • D’Arcici Sunter
  • D’Arcici Plumpang
  • C’One Cempaka Putih
  • C’One Pulomas

Sementara itu, rincian hotel yang disediakan Kemenparekraf RI untuk tenaga medis di Jakarta, yakni: 

  • SwissBel Mangga Besar
  • Hotel Pop Kelapa Gading
  • Pullman Grogol
  • Triniti Gajah Mada
  • Hotel Max One Sabang

Di sisi lain, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Wishnutama Kusubandio mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan pelaku bisnis perhotelan untuk menyediakan akomodasi dan transportasi bagi tenaga medis yang bertugas menangani pasien COVID-19 sebagai misi kemanusiaan.

“Kerja sama dengan pelaku industri pariwisata ini merupakan salah satu misi kemanusiaan, di samping mendukung industri hotel tetap hidup. Sebab, semua pihak harus bersatu bahu-membahu dalam menghadapi pandemi ini,” ujar Wishnutama.

Sementara itu, Nur Hasanah salah satu perawat yang menangani COVID-19 di Jakarta mengaku terbantu dengan fasilitas penginapan yang disediakan Pemprov DKI Jakarta. Karena, menurutnya, ia khawatir menularkan virus kepada keluarga bila pulang ke rumah di masa seperti ini.

"Kalau pulang ke rumah, kita bawaanya was-was terus, bawa virus atau nggak, ya. Jadi, fasilitas yang diberikan ini sangat membantu kami," katanya.

Ibu dua anak ini tidak menampik bahwa selama bertugas sangat rindu keluarga. “Tapi, karena ini adalah tugas, harus rela menahan rindu bertemu keluarga, demi kesehatan semuanya,” pungkasnya. (*)

Ikuti kami di
Editor: Content Writer
  Loading comments...

Produk Populer

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas