Tribun

Golkar Merajai Pemilihan Gubernur di Pilkada 2020

Pada Pilkada Gubernur 2020, calon Gubernur Bengkulu, Jambi, Kepulauan Riau dan Kalimantan Selatan diusung Golkar mendominasi perolehan suara.

Editor: Content Writer
Golkar Merajai Pemilihan Gubernur di Pilkada 2020
Tribunnews.com/ Chaerul Umam
DPP Partai Golkar menggelar Tasyakuran dan Tumpengan HUT ke-56, di Hotel Four Season, Jakarta, Rabu (21/10/2020) malam. 

TRIBUNNEWS.COM - Hasil sementara Quick Count dari berbagai lembaga survei di Pilkada 2020 menunjukan Partai Golkar merajai kontestasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur.

Dari sembilan provinsi yang menggelar pilkada, partai berlambang pohon beringin yang dipimpin Airlangga Hartarto terlihat kuat mendominasi di enam daerah.

Pada Pilkada Gubernur 2020, calon Gubernur Bengkulu, Jambi, Kepulauan Riau dan Kalimantan Selatan diusung Golkar mendominasi perolehan suara.

Sementara untuk wakil Gubernur, calon kader Golkar juga mendominasi di dua provinsi seperti Kalimantan Tengah dan Sulawesi Tengah.

Pada hasil penghitungan sementara di Bengkulu, Golkar mengusung calon petahana Rohidin Mersyah yang berpasangan dengan Rosjonsyah kader PDIP. Calon ini diunggulkan atas dua pasangan calon lainnya.

Golkar juga mengusung Gubernur Petahana di Kalsel yakni Sahbirin “Paman Birin” Noor yang berpasangan dengan H. Muhidin dari kader PAN (Partai Amanat Nasional). Pasangan ini juga memimpin jauh atas pasangan Denny Idrayana dan Defriadi Drajat.

Selanjutnya Pilkada Jambi, Golkar yang mengusung pasangan Cek Endra-Ratu Munawaroh. Cek Endra merupakan Ketua Golkar Provinsi Jambi yang juga mantan Bupati Sarolangun. Ratu Munawaroh dari kalangan swasta yang didukung PDIP.

Untuk Pilkada Kepri, Golkar mengusung pasangan Ansar Ahmad dan Marlina Agustina yang diusung oleh Partai Nasdem.

“Kesuksesan ini patut disyukuri. Strategi yang kami buat di Pilkada 2020 dan konsolidasi yang sudah dilakukan pengurus dan kader Golkar membuahkan hasil. Kami optimis bisa memenuhi target kemenangan 60 persen di Pilkada 2020 ini,” ungkap Maman Abdurrahman, Kepala Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai Golkar, kepada media, Rabu (9/12).

Maman mengatakan bahwa kemenangan Golkar di kursi Gubernur dan Wakil Gubernur mencapai 66 persen di empat provinsi. Provinsi yang menang itu Bengkulu, Kalsel, Jambi dan Kepri. Sementara untuk kursi wakil Gubernur kemenangan Partai Golkar di dua daerah yaitu Kalteng dan Sulteng.

Menurut Maman perolehan perhitungan cepat yang dibuat lembaga survei dianggap lebih baik dibandingkan partai lain.

“Melihat hasil pilkada 2020 ini, kami makin optimistis pada pemilu 2024 nanti, Golkar kembali solid dan memperbaiki perolehan suara nasional,” tambah Maman.

Sementara PDIP membuntuti Partai Golkar menempatkan 3 kemenangan di kursi Gubernur dan 3 untuk posisi wakil Gubernur.

Dibelakang PDIP, partai Nasdem menempatkan 2 kadernya di posisi Gubernur dan 1 untuk posisi wakil Gubernur. Sedangkan PKS menempatkan 1 kadernya di kursi Gubernur.

Sementara Gerindra, Partai peraih kursi terbanyak ketiga di DPR RI hanya berhasil menempatkan 1 kadernya di posisi wakil gubernur.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas