Tribun

BPH Migas Gelar Bimtek Bidang Gas Bumi, Tingkatkan Kompetensi SDM Badan Usaha

Kegiatan ini berkejasama dengan PPSDM Migas Cepu, dengan periode pelatihan dari tanggal 1 November – 4 Desember 2021 di 4 kota besar

Editor: Content Writer
BPH Migas Gelar Bimtek Bidang Gas Bumi, Tingkatkan Kompetensi SDM Badan Usaha
BPH Migas
Bimbingan Bimbingan Teknis/Workshop bagi Pegawai Badan Usaha Kegiatan Usaha Pengangkutan Gas Bumi, Niaga Gas Bumi dan Operator Jaringan Gas (Jargas) 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) c.q Direktorat Gas Bumi menyelenggarakan Bimbingan Bimbingan Teknis/Workshop bagi Pegawai Badan Usaha Kegiatan Usaha Pengangkutan Gas Bumi, Niaga Gas Bumi dan Operator Jaringan Gas (Jargas). Kegiatan ini berkejasama dengan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Migas Cepu, dengan periode pelatihan dari tanggal 1 November – 4 Desember 2021 dilaksanakan di 4 kota yaitu Cirebon, Yogyakarta, Surabaya dan Denpasar.

Tujuan penyelenggaraan kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi dan keahlian sumber daya manusia dari Badan Usaha-Badan Usaha sebagai penyelenggara kegiatan Usaha Hilir Migas khususnya pada kegiatan Usaha Gas Bumi melalui pipa, sehingga diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keahlian dalam melaksanakan tugasnya.

“Saya harap pelatihan ini akan sangat bermanfaat bagi Badan Usaha untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen Badan Usaha dan masyarakat sebagai konsumen akhir gas bumi serta dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas pekerjaan yang dilaksanakan.”Ujar, Direktur Gas Bumi, Sentot Harijadi, pada pembukaan kegiatan.

Tahun 2021, terdapat 4 materi yang diajarkan yaitu Gas Management System, Gas Metering, Sertifikasi Teknisi Perawatan Mekanik dan Sertifikasi Inspektur Pipa Penyalur. Sebanyak 39 Badan Usaha dengan 300 peserta mengikuti kegiatan ini, yang terdiri dari Badan Usaha Pengangkutan Gas Bumi, Badan Usaha Niaga Gas Bumi dan Badan Usaha Milik Daerah sebagai Operator Jaringan Gas.

Salah satu pengajar Gas Metering, Unggul Nugroho Edi menegaskan pelatihan ini sangat dibutuhkan terutama untuk personel yang menanganinya. “Pengetahuan tentang gas metering ini sangat dibutuhkan sebagai salah satu sistem instrumentasi pengukuran yang tepat sehingga dapat memonitor pengukuran flow rate di lapangan,” ujar Unggul.

Kegiatan pelatihan ini merupakan tindak lanjut Memorandum of Understanding (MoU) antara BPH MIGAS dan PPSDM Migas Cepu pada tahun 2019 dengan cakupan antara lain penyelenggaraan Pelatihan, Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Sertifikasi keahlian.

“Penyelenggaraan ini tidak hanya untuk meningkatkan kerjasama yang baik antara BPH Migas dan Badan Usaha Kegiatan Hilir Migas khususnya di bidang kegiatan Pengangkutan, Niaga dan Jaringan Gas Bumi tetapi juga peningkatan kompetensi pegawai, oleh karena itu kegiatan serupa akan dilanjutkan pada tahun-tahun selanjutnya untuk tema-tema yang berbeda”Tutup Sentot

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas