Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Lestarikan Budaya Indonesia, Ketua Umum Dekranas Tekankan Ini Peran Penting Generasi Muda

Ketua Umum Dekranas menekankan ini peran penting generasi muda dalam melestarikan dan kembangkan budaya Indonesia.

Editor: Content Writer
zoom-in Lestarikan Budaya Indonesia, Ketua Umum Dekranas Tekankan Ini Peran Penting Generasi Muda
Istimewa
Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Ibu Wury Ma'ruf Amin dalam Pembukaan Pameran Kerajinan Nusantara Kriyanusa 2024: Perajin Muda Lestarikan Warisan Budaya di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Rabu (28/8/2024). 

TRIBUNNEWS.COM - Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Ibu Wury Ma'ruf Amin menekankan arti penting peran generasi muda dalam melestarikan dan mengembangkan warisan budaya Indonesia.

“Saat ini makin banyak perajin muda yang terinspirasi menggali, memahami, dan memanfaatkan potensi kerajinan tradisional. Mereka adalah pionir yang akan membawa budaya Indonesia ke panggung dunia dengan cara-cara yang baru dan inovatif,” ungkap Ibu Wury Ma’ruf Amin. 

Hal itu disampaikan Ibu Wury Ma’ruf Amin Pembukaan Pameran Kerajinan Nusantara Kriyanusa 2024: Perajin Muda Lestarikan Warisan Budaya di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Rabu (28/8/2024). 




Menurut Ibu Wury Ma’ruf Amin mengatakan, seni kerajinan dari berbagai daerah di Indonesia tidak hanya mencerminkan keindahan dan keterampilan, tetapi juga nilai-nilai dan identitas bangsa. Oleh karena itu, Ketua Umum Dekranas ini menekankan peran generasi muda dalam upaya pewarisan budaya nasional.

"Generasi muda ini adalah harapan kita untuk memastikan bahwa kekayaan budaya kita tidak hanya bertahan, tetapi juga berkembang seiring dengan perubahan zaman," jelas Ibu Wury Ma’ruf Amin.

Ibu Wury Ma'ruf Amin berharap Pameran Kriyanusa 2024 dapat menjadi sarana perajin muda memamerkan karya yang dimiliki dan saling berkolaborasi.

"Kami berharap dapat memberikan platform bagi perajin muda untuk menampilkan karya-karya mereka, belajar dari satu sama lain, dan menjalin hubungan yang saling menguntungkan," ujarnya.

Baca juga: Agar Tumbuh Berkelanjutan, Kominfo Beri Pendampingan dan Digitalisasi Desa Wisata

BERITA TERKAIT

Sebagai bukti nyata dukungan terhadap perajin muda, Ketua Panitia Kriyanusa 2024 Yanti Isfandiary Airlangga menyatakan Dekranas telah memberikan kuota stan secara gratis kepada 98 orang perajin muda.

"Dekranas memberikan kuota stan secara gratis kepada 98 perajin muda sebagai bentuk apresiasi dan dukungan Dekranas kepada pembinaan perajin muda dari seluruh Indonesia dan implementasi dari salah satu pokok program kerja Dekranas yaitu mendorong adanya regenerasi perajin," jelas Yanti Isfandiary.

Pameran Kriyanusa 2024 merupakan salah satu wujud nyata upaya Dekranas dalam mengembangkan kapasitas pelaku usaha kriya. Menurut Yanti Isfandiary upaya itu mencakup mendorong penciptaan, pengembangan produk kriya lokal, sekaligus melestarikan citra budaya seluruh daerah di Indonesia.

"Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Timur atas partisipasinya sebagai ikon Kriyanusa 2024," ujarnya.

Sebagai informasi, Pameran Kriyanusa 2024 mengusung tema Perajin Muda Lestarikan Warisan Budaya, dengan ikon pameran Provinsi Kalimantan Timur. Acara juga dihadiri oleh Senior Dekranas Ibu Mufidah Jusuf Kalla, Ketua Harian Dekranas Ibu Tri Tito Karnavian, pengurus Dekranas, perwakilan Dekranasda dari seluruh Indonesia, pengurus Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), perwakilan kedutaan besar negara sahabat, serta pimpinan kementerian dan lembaga, BUMN, asosiasi, dan swasta.

Pameran Kriyanusa 2024 menghadirkan 444 stan pameran yang terdiri dari 213 stan Dekranasda provinsi, kabupaten dan kota, 42 stan yayasan dan individu, 20 stan dari Provinsi Kalimantan Timur, 58 stan perajin muda, 8 stan sponsor, serta 24 stan kuliner.
Pameran Kriyanusa juga dimeriahkan dengan workshop, fashion show, talk show, pentas seni, dan tarian dari berbagai daerah, serta pertunjukan musik dari sejumlah artis nasional.

Pameran Kriyanusa 2024 berlangsung dari 28 Agustus sampai dengan 1 September 2024 di Hall A dan B Jakarta Convention Center. Pameran ini dapat dikunjungi oleh masyarakat secara gratis tanpa biaya tiket masuk.

Baca juga: Pameran Kriyanusa 2024: Ajang bagi Perajin Muda Lestarikan Wastra dan Budaya Indonesia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas