Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Stop Lemak, Begini Cara Pilih Menu Fast Food yang Sehat

Kebanyakan fastfood mengandung lemak dan garam tinggi. Perlu siasat memilih menu yang sehat.

Penulis: Agustina Rasyida
Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Stop Lemak, Begini Cara Pilih Menu Fast Food yang Sehat
DOKUMENTASI TRIBUNNEWS
Salah satu menu fast food 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA
Makan di luar rumah merupakan salah satu kegiatan asyik yang sering dilakukan oleh banyak keluarga. Acapkali anak-anak menentukan restoran atau rumah makan yang akan dikunjungi.

Restoran cepat saji salah satu incaran anak-anak, karena memberikan menu khusus anak-anak dengan kemasan lucu, maianan yang menarik, dan minuman buah-buahan atau coklat. Kita sebagai orangtua sebaiknya mengarahkan pilihan si anak.

Mengingat makanan cepat saji mengandung lemak dan garam. Apa saja makanan cepat saji yang aman dikonsumsi anak-anak?

"Manusia memerlukan lemak, tetapi tidak berlebihan, disesuaikan kebutuhan anak," ujar Elisina Norimarna, Research and Development Hoka Hoka Bento, Selasa (4/9/2012), di Jakarta.

Jika anak mengonsumsi satu porsi makan makanan fast food dengan kalori sekitar 250 kal tidak masalah, meskipun total kalori anak (usia 2 - 12 tahun) per hari 200 - 400 kal, sesuai kebutuhan, dan postur tubuh anak. Setelah itu berikan asupan serat, seperti sayuran, buah-buahan, jus buah, agar-agar, atau puding.

"Metabolisme anak-anak masih baik, karena mereka aktif lari-lari ataupun lagi senang olahraga," lanjut Eli.

Dalam kesempatan yang sama, Francisca Lucky selaku Head of Marketing Communications Hoka Hoka Bento memberikan tips memilih restoran fast food bagi anak.

BERITA TERKAIT

"Saya juga punya anak, jadi kalau ke restoran fast food harus tahu makanan tersebut seimbang gizinya, rasanya enak, disukai anak-anak, dan tahu siapa yang mengeluarkan makanannya," kata Lucky.

Selain itu, kita harus tahu apakah restoran tersebut memiliki komitmen serius terhadap gizi dan kesehatan, serta lihat kondisi restoran, bersih atau tidak. Lihat pula apakah semua peralatan disimpan di tempat yang layak, apakah bahan yang digunakan segar, dan kondisi meja dan kursi bersih atau tidak. (Agustina N.R)

Baca artikel menarik lainnya

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas