Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Ini Nasi Sapo Ayam, Gurihnya Cetar Membahana!

Toppingnya yang lengkap, berpadu nasi pulen dengan saus kecap istimewa akan dijamin memanjakan lidah. Namanya Nasi Sapo Ayam.

Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Ini Nasi Sapo Ayam, Gurihnya Cetar Membahana!
blog realteenation
Nasi Sapo Ayam 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andra N Oktaviani

TRIBUN JABAR - Nasi satu ini bukan sembarang nasi. Yang ini bakal langsung menggugah nafsu makan.

Toppingnya yang lengkap, berpadu dengan nasi pulen dengan saus kecap yang istimewa akan langsung memanjakan lidah. Namanya nasi sapo ayam.

Nasi yang sangat identik dengan masakan Cina ini bisa dinikmati di Noble House Chinese Restaurant & Suki, Grand Aquila Bandung. Adalah Chef Tsang Kwai Wing yang membuat kreasi nasi sapo ayam tersebut, dan akan ditawarkan untuk para tamu selama April, Mei dan Juni 2013.

Chef Tsang Kwai Wing mengatakan, nasi sapo ayam buatannya menggunakan beras Thailand dan lokal Indonesia. Sengaja mencampurkan kedua jenis beras itu agar nasi yang dihasilkan tidak terlalu lembek.

"Beras direndam dulu selama setengah jam, lalu dibersihkan. Setelah dibersihkan ditiriskan selama setengah jam, baru dimasak dengan air mendidih," katanya, Selasa (26/3) siang.

Untuk topping, chef asal Hongkong ini menggunakan daging ayam kampung, jamur hitam, ikan asin, dan daun bawang. Sementara bumbunya menggunakan jahe, garam, merica, sedikit gula, dan minyak goreng. "Semua bahan dicampurkan setelah nasi setengah matang, dan biarkan sampai semua bahan dan nasi matang," katanya.

BERITA TERKAIT

Setelah semua matang, kata dia, nasi diangkat dan siap dihidangkan. Agar terasa lebih gurih, campurkan saus kecap dengan nasi. Saus kecap tersebut terdiri dari kecap manis, kecap asin, penambah rasa, dan minyak wijen.

Satu porsi nasi sapo ayam di Noble House Restaurant & Suki ini ditawarkan Rp 68.000++ per porsi. Satu porsi berukuran jumbo, dan bisa dinikmati beramai-ramai oleh tiga sampai empat orang.

Namun karena menu tersebut baru akan ditawarkan mulai bulan depan, Anda harus bersabar dulu menunggu sekitar satu pekan untuk bisa mencicipi nasi sapo ayam ini. (roh)

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas