Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Kalau Sudah Pakai Tabir Surya, Masih Perlukah Pelembab Wajah?

Sebenarnya kalau produk tabir surya yang digunakan sudah bagus dan tepat, tidak perlu menggunakan pelembab lagi.

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Kalau Sudah Pakai Tabir Surya, Masih Perlukah Pelembab Wajah?
net

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Selain menggunakan pakaian yang menutupi tubuh, topi, atau payung, tabir surya menjadi salah satu bentuk perlindungan terhadap paparan sinar matahari. Sebenarnya kalau produk tabir surya yang digunakan sudah bagus dan tepat, tidak perlu menggunakan pelembab lagi.

 Demikian diutarakan oleh Dr. Kevin Maharis, BMedSc., Dip.Derm. Menurutnya, tabir surya yang cukup bagus bagi kulit, sebenarnya sudah tidak perlu pakai pelembab lagi. "Di tabir surya juga sudah ada pelembabnya," ujarnya.

Hanya saja, kalau memang tabir surya yang dipakai tidak ada pelembab ataupun merasa ada yang kurang kalau tidak memakai pelembab sebelumnya, langkah yang dilakukan adalah menggunakan pelembabnya terlebih dulu. "Pakai pelembab terlebih dulu. Saat terasa agak kering di wajah, baru gunakan tabir surya," jelas Dr. Kevin.

Jangan gunakan tabir surya ketika pelembab masih terasa encer di kulit wajah. Bila langsung menggunakan tabir surya sementara pelembab masih agak basah, konsentrasi atau level tabir surya akan berkurang. "Efektivitasnya juga berkurang," imbuh Dr. Kevin.

Kalau ingin cepat, gunakan serum saja. Pakai serum terlebih dulu sebelum menggunakan tabir surya. Karena serum lebih cepat meresap, sekitar satu menit kemudian bisa memakai tabir surya.

"Ini menjadi regimen di pagi hari yang paling bagus. Tetapi jangan dicampur antara serum dengan tabir surya maupun pelembab dengan tabir surya," tambah Dr. Kevin mewanti-wanti.

Namun, kalau tabir surya yang ada pelembab sudah cocok bagi kulit, saran Dr. Kevin, sebaiknya tidak perlu menambahkan produk yang lain-lainnya lagi.

BERITA REKOMENDASI
Sumber: Sehat News
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas