Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Faktor-faktor Penyebab Kerutan Pada Wajah

Sebenarnya mulai usia 25 tahun tanda-tanda kerutan pada wajah sudah mulai muncul.

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Faktor-faktor Penyebab Kerutan Pada Wajah
net

Laporan Tribun Jateng, Herlina Widhiana

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG- Sebenarnya mulai usia 25 tahun tanda-tanda kerutan pada wajah sudah mulai muncul. Lantaran pada usia tersebut, pembongkaran sel pada kulit lebih banyak terjadi daripada pembentukan sel.

Namun, menurut Retno Indrastiti, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin proses itu tergantung bagaimana pemilik kulit merawat dan ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi.

Selain faktor intrinsik, faktor yang berasal dari luar tubuh juga sangat mempengaruhi. Faktor yang berperan besar menentukan penuaan yaitu sinar matahari. Orang yang terlalu banyak terpapar sinar matahari cenderung terlihat lebih tua daripada orang yang bekerja di dalam ruangan.

Untuk mengurangi risiko sinar matahari, sebaiknya hindari terpapar sinar matahari pada jam 9 pagi sampai 3 sore. Sinar matahari yang baik untuk pembentukan tulang berkisar antara jam 7 hingga 8 pagi. Sedangkan setelah itu sinar matahari dapat merusak kolagen, merangsang timbul kanker, dan membuat warna kulit tidak rata.

Faktor kedua yaitu penyakit. Orang yang menderita penyakit tertentu, misalnya diabetes, TBC, atau HIV/AIDS biasanya akan tampak kelihatan lebih tua daripada orang yang sehat.

Faktor stress juga memicu penuaan. Orang yang sering mengalami stress akan kelihatan lebih tua. Selain itu, ada lagi faktor gizi. Dengan adanya pemenuhan gizi yang baik, maka akan terjadi pembentukan sel-sel yang baik pula. Analisis di atas menurut Retno Indrastiti, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (*)

BERITA REKOMENDASI
Sumber: Tribun Jateng
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas