Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Saat Negosiasi Gaji, Hindari Tujuh Kesalahan Berikut Ini

Saat negosiasi gaji, hindari tujuh kesalahan yang dapat merugikan Anda ini.

Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Saat Negosiasi Gaji, Hindari Tujuh Kesalahan Berikut Ini
Ist
Negosiasi gaji 

TRIBUNNEWS.COM - Diterima pekerjaan, atau membuat kesepakatan bisnis baru bisa menjadi menarik, namun tidak dengan negosiasi. Prosesnya bisa menegangkan, dan sangat mudah membuat kesalahan. Nah, sebelum melakukan negosiasi gaji, sebaiknya Anda perhatikan 7 kesalahan umum saat proses negosiasi gaji, seperti dikutip dari www.news.com.au.

1. Kurang percaya diri

“Banyak orang berpikir, mereka perlu menunjukkan kepercayaan diri dengan cara tertentu seperti misal bersikap keras, kurang ajar, demi keberhasilan negosiasi. Namun orang lain berfikir bahwa banyak pengalaman yang dibutuhkan untuk menjadi negosiator handal. Umumnya, hanya dibutuhkan keuletan dan persiapan yang matang untuk memastikan Anda bisa mencapai istilah yang diinginkan, mengantisipasi keberatan, dan mengetahui ‘tombol panas’ saat beresonansi dengan lawan.

2. Berpikir sesuatu tidak bisa dinegosiasikan

Ketika Anda berfikir layaknya seorang negosiator, maka semuanya bisa dinegosiasikan! Pola pikir ini harus Anda operasikan bukan hanya untuk menjadi negosiator handal, tapi juga yang terbaik.

3. Tidak membangun hubungan awal

BERITA TERKAIT

Membangun hubungan adalah kunci untuk negosiasi yang berhasil. Namun, ini harus lebih dari sekedar membagi-bagikan kartu nama. Sarannya? Pelan-pelan dan membuat nyata, hubungan pribadi dengan orang-orang, dan belajar sebanyak mungkin tentang mereka. Dengan demikian, Anda dapat membuat negosiasi lebih bermakna bagi semua orang yang terlibat.

4. Tidak meminta apa yang anda inginkan

Jika Anda tidak meminta apa yang Anda inginkan, Anda tidak akan pernah memiliki kesempatan untuk mendapatkannya. Sementara menghadapi penolakan sangat sulit, karena itu menjadi kesalahan besar yang akan menghambat Anda dalam negosiasi. Nomor 3 dalam 7 kesalahan umum yang sering muncul saat proses negosiasi gaji ini harus diperhatikan.

5. Berbicara terlalu banyak

Ketika bernegosiasi, Anda harus menjelaskan sisi Anda dan memberikan pidato Anda. Tapi terlalu banyak bicara benar-benar bisa menjadi penghancur serius.

6. Tidak mendokumentasikan

Anda harus benar-benar mendokumentasikan segala sesuatu yang terjadi selama negosiasi untuk menghindari masalah di masa depan.

7. Menandatangani tanpa membaca

Lewis mengatakan, kehidupan modern yang serba cepat, dan orang-orang biasanya terlibat dalam beberapa hal sekaligus, membuat mereka sangat sulit untuk fokus. Bahkan beberapa orang sampai menandatangani dokumen hukum, tanpa membacanya terlebih dahulu. Hasilnya, bencana. Tujuh kesalahan umum saat proses negosiasi gaji ini sebaiknya dihindari untuk mendapatkan gaji impian Anda. (Kompas)

Tags:
Sumber: KOMPAS
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas