Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Siasat Agar Rayap Tidak Menggerogoti Tiang-tiang Kayu di Rumah

Kehadiran rayap tentu jadi ancaman bagi rumah-rumah dengan struktur dominan kayu. Ini aneka tips mencegah rayap.

Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Siasat Agar Rayap Tidak Menggerogoti Tiang-tiang Kayu di Rumah
obatantirayap
Rayap gerogoti kayu. 

TRIBUNNEWS.COM - Saat ini sulit sekali mendapatkan kayu berkualitas baik. Salah satu masalah yang sering dihadapi kayu adalah digerogoti rayap.

Kayu yang berkualitas buruk juga mudah menyusut dan mengembang sesuai dengan kadar kelembaban udara di sekitar rumah. Selain itu, kayu juga mudah membusuk jika terkena air pada bagian yang tidak terkeda pengudaraan.

Meski demikian, hingga kini kayu masih menjadi bahan baku favorit yang digunakan sebagai konstruksi rangka atau atap rumah. Nah , untuk mengantisipasi agar masalah di atas tidak terjadi pada rumah Anda, lakukan langkah berikut pada kayu yang akan Anda gunakan:

1.   Berilah serum antirayap pada lubang-lubang pondasi dan seluruh area lantai bawah.

2.   Berikan proteksi antirayap pada kayu yang akan digunakan dengan cara memberi cairan antirayap (dicelup atau dioleskan dengan bantuan kuas).

3.   Cara lain yang bisa Anda coba adalah merendam kayu yang akan digunakan selama 4-6 bulan. Tujuannya untuk melarutkan zat-zat di dalam kayu yang dapat menarik minat rayap.

4.   Sebaiknya pilih kayu yang berusia tua dan kering. Pilih juga jenis kayu yang tahan rayap, seperti kayu jati, ulin, dan kamper.

BERITA TERKAIT

5.   Jika bangunan Anda terlanjur terkena serangan rayap, lakukan injeksi antirayap pada dinding luar rumah. Buat lubang-lubang berjarak 40-50 cm, kemudian semprot bahan kimia tersebut sebanyak 2-3 liter pada tiap lubang.

Ester Sondang / Sumber: Rumah Ide

Sumber: Tabloidnova.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas