Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Trik Dari Pakar: Bedakan Beras Plastik Cukup Digigit

Untuk membedakan beras asli dengan beras sintetik yang mengandung bahan plastik menurut pakar Institut Pertanian Bogor (IPB) cukup digigit berasnya.

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Trik Dari Pakar: Bedakan Beras Plastik Cukup Digigit
DOK. KEMENTAN
Menteri Pertanian Amran Sulaiman berdialog dengan seorang pedagang beras di Pasar Cibinong, Bogor, Rabu 20 Mei 2015 lalu. 

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR - Untuk membedakan beras asli dengan beras sintetik yang mengandung bahan plastik menurut pakar Institut Pertanian Bogor (IPB) cukup digigit berasnya.

Fransiska Rungkat Zakaria, Guru Besar Ilmu Pangan fakultas Teknologi IPB, secara kasat mata cukup sulit membedakan beras plastik dengan beras asli.

"Warna beras plastik katanya, bisa menyerupai beras asli dengan menggunakan pemutih," katanya, Jumat (22/5/2015).

Cara yang paling mudah untuk membedakan beras plastik dengan beras asli kata Fransiska yaitu dengan cara digigit. Beras plastik yang digigit katanya, akan terasa bahan resin atau sulit patah."Sedang beras asli, ditekan saja bisa patah," katanya.

Cara lain kata Fransiska, dengan merendam beras dalam air, jika beras mengapung ke permukaan, bisa diduga beras tersebut bukan asli.

"Yang jelas teknologi mengubah plastik menjadi beras itu belum ada sampai sekarang. Yang paling memungkinkan adalah mencampur bahan beras dari singkong atau jagung dengan bahan plastik," katanya.

Fransiska menduga beras sintetis yang dimaksud terbuat dari umbi-umbian kemudian dicampur dengan biji plastik. Tujuannya, agar beras analog menyerupai beras asli.

BERITA TERKAIT

"Beras analog dicampur plastik agar lebih tahan lama," katanya.

Orang yang mengkonsumsi beras plastik, lanjutnya, berpotensi terkena kanker hati. Tidak hanya itu katanya, plastik pun bisa mengendap pada organ pencernaan. "Jika gagal dikeluarkan oleh pencernaan, plastik itu akan menempel di lambung dan usus," ujar Fransiska.

Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas