Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Penyebab Bibir ‘Miss V’ Terlihat Lebih Gelap

Meski bagian kulit lainnya terlihat cerah, bagian bibir vagina belum tentu demikian. Lalu, apa penyebab bibir vagina berwarna gelap?

Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Penyebab Bibir ‘Miss V’ Terlihat Lebih Gelap
IST

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Warna bibir vagina atau daerah selangkangan, sering kali baru menjadi perhatian wanita saat berhubungan seksual.

Meski bagian kulit lainnya terlihat cerah, bagian bibir vagina belum tentu demikian. Lalu, apa penyebab bibir vagina berwarna gelap?

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Yeni Dhana Sari mengatakan, ada berbagai faktor yang menyebabkam daerah organ ontim wanita itu berwarna gelap. "Bisa karena jamur. Area vaginanya tidak bersih. Jadi warnanya tidak cerah," ujar Yeni dalam acara Healthtalk di Ciputra Medical Center, Lottte Shopping Avenue, Jakarta, Jumat (4/12/2015).

Selain itu, sering menggunakan celana terlalu ketat juga menjadi salah satu penyebabnya. Daerah organ intim menjadi lembab dan tidak ada udara. Faktor lainnya, lanjut Yeni adalah perubahan homonal pada wanita.

Terpenting adalah menjaga kebersihan organ intim wanita. Tak perlu sering dibersihkan menggunakan sabun, apalagi jika mengandung bahan kimia tinggi.

Namun, jangan khawatir, bibir vagina yang menghitam bisa dibuat cerah kembali atau berwarna lebih pink. Salah satunya dengan teknologi Radiofrequency. Pengerjaan bibir vagina bisa dibarengi dengan mengencangkan otot vagina yang longgar.

"Pengerjaannya hanya sekitar 20 menit. Alat itu bisa merangsang kolagenitas jaringan vagina. Tanpa operasi, tanpa rasa sakit,'" kata Yeni.

BERITA TERKAIT
Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas