Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Konferensi Anak Indonesia 2016 Akan Kembali Digelar di Jakarta

Konferensi Anak Indonesia tahun ini akan membahas tema pentingnya kebiasaan membaca bagi anak-anak.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Konferensi Anak Indonesia 2016 Akan Kembali Digelar di Jakarta
KIDNESIA.COM
Delegasi Konferensi Anak 2015. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Sebanyak 36 murid SD perwakilan anak-anak dari seluruh Indonesia akan mengikuti Konfrensi Anak Indonesia 2016 yang akan berlangsung di Jakarta, pada 8-11 November 2016.

Mereka terpilih dari 1800 anak yang mengikuti seleksi pemilihan delagasi konfrensi dengan mengirimkan karya tulisannya ke panitia Majalah Bobo.

Konferensi Anak Indonesia tahun ini akan membahas tema pentingnya kebiasaan membaca bagi anak-anak.

Di konfrensi ini, delegasi akan mendapatkan pembekalan dari beberapa narasumber ahli, salah satunya adalah Najwa Shihab, Duta Baca 2016.

Delegasi juga akan mengunjungi perpustakaan milik keluarga Bapak BJ Habibie dan ngobrol tentang buku dengan Ilham Habibie.

Bupati Lahat Saifudin Aswari Rivai juga akan berbagi pengalaman bagaimana menciptakan kota Lahat sebagai pionir Kota Literasi di Sumatera Selatan.

Pada akhir acara puncak Konfrensi Anak Indonesia, para delegasi akan membacakan deklarasi dan menyerahkannya langsung kepada Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Ibu Yohana Yambise.

BERITA REKOMENDASI

Setelah pulang ke daerah masing-masing, anak0anak ini di harapkan bisa menjadi pelopor gerakan membaca bagi teman temannya di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggalnya.

Caranya, bisa mulai dari hal yang sederhana, misalnya membentuk kelompok baca atau taman baca di rumahnya dan menguncang teman-temannya untuk membaca bersama-sama.

Konferensi Anak Indonesia merupakan wadah bagi anak-anak Indonesia untuk berlatih menyalurkan pendapatnya.

Pendapat tersebut dirangkum dalam bentuk deklarasi. Deklarasi tersebut kemudian diserahkan kepada pemerintah/ instansi terkait dengan harapan bisa dijadikan bahan masukan dalam menetapkan kebijakan-kebijakan yang berhubungan dengan anak-anak.

Konferensi Anak Indonesia adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh Majalah Bobo sejak tahun 2001.

Konferensi ini diadakan untuk mendorong anak-anak Indonesia untuk berlatih berfikir kritis, peduli terhadap masalah-masalah yang terjadi di lingkungan sekitar, dan bersikap mandiri.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas