Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Tablet Case Buatan Sendiri Untuk Hadiah Khusus Yang Personal

Hadiah cantik yang dibuat sendiri bisa jadi pilihan yang menarik untuk memberikan hadiah yang berkesan dan bersifat personal.

zoom-in Tablet Case Buatan Sendiri Untuk Hadiah Khusus Yang Personal
everglow handmade
Ilustrasi DIY Table Case 

TRIBUNNEWS.COM - Hadiah terbaik adalah hadiah yang memiliki kesan personal. Hadiah yang dipilih karena Anda tahu betul kesukaan si penerima, misalnya, biasanya menimbulkan kesan yang lebih mendalam.

Kalau Anda ingin memberikan hadiah yang berkesan dan bersifat personal, namun Anda tidak ingin menghabiskan banyak uang, hadiah cantik yang dibuat sendiri bisa jadi pilihan yang menarik.

Di artikel kali ini, kita akan mencoba membuat sarung tablet atau tablet case yang cantik dari bahan Felt. Cara pembuatannya pun cukup mudah dan dapat Anda lakukan sendiri.

DIY Tablet Case

Kebanyakan dari Anda tentu sudah akrab dengan beragam tablet yang beredar di pasaran. Apple IPad dan Samsung Galaxy Tab adalah dua produk tablet yang sangat populer.

Jika rekan atau keluarga Anda menggunakan tablet ini dan Anda ingin memberikan hadiah yang istimewa, sebuah tablet case yang dibuat sendiri adalah ide yang patut dicoba.

Membuat DIY tablet case sangat mudah. Pertama, Anda dapat menyiapkan bahan-bahannya:

BERITA REKOMENDASI

1. Kain Felt yang tebal, dengan ukuran 48,5 cm x 27 cm
2. Gunting
3. Jarum dan benang dengan warna yang sesuai
4. Dua buah kancing berukuran sedang atau besar
5. 4 buah Kancing jepret
6. Peniti secukupnya
7. Benang wool
8. Ukuran kain Felt di atas disesuaikan dengan ukuran Apple iPad. Untuk tablet lain, Anda dapat menyesuaikan ukuran kain seperlunya.

Letakkan iPad di atas kain Felt. Posisikan kurang lebih 7,5 cm dari sisi atas kain. Lipat bagian bawah kain Felt hingga menutupi iPad.

Sisakan 7,5 cm di bagian atas yang nantinya akan digunakan sebagai penutup case. Tandai bagian lipatan dengan spidol atau kapur jahit.

Lanjutkan dengan melipat bagian atas tadi. Kini, kain Felt sudah mulai terlihat seperti case untuk iPad Anda.

Buat garis melengkung di lipatan ini, kemudian gunting dengan hati-hati. Anda juga dapat menggunakan pola lain untuk menghias bagian tutup iPad case Anda, atau membiarkannya berbentuk kotak.

Sisipkan peniti di kedua sisi kain sehingga posisinya tidak berubah, kemudian keluarkan iPad Anda. Kini saatnya menjahit dua sisi case ini.

Anda dapat memilih menjahit sisi-sisi sarung tablet Anda secara manual, tapi tentunya akan lebih mudah jika menggunakan mesin jahit.

Beberapa produk mesin jahit seperti Brother FS-101 dapat menjahit bahan Felt yang sedikit lebih tebal tanpa kendala.

Khusus untuk Brother FS-101 ini, ada juga beberapa pola jahitan yang dapat dibuat secara otomatis. Ini karena mesin jahit Brother FS-101 sudah menggunakan komputer untuk otomasi proses menjahit.

Ada 101 jenis jahitan yang dapat dipilih. Untuk iPad case ini, Anda dapat memilih jahitan yang memiliki pola lebih lebar. Pilih pola yang paling Anda inginkan, kemudian mulailah menjahit kedua sisi iPad case Anda dengan hati-hati.

Jangan lupa untuk mengatur kecepatan menjahit yang sesuai.

Ada trik yang dapat dicoba jika Anda ingin membuat iPad case Anda lebih cantik. Sebelum mulai menjahit, lipat ujung kain Felt yang akan dijahit ke arah dalam untuk hasil yang lebih rapi.

Selain terlihat lebih cantik, Anda juga tidak perlu membalik iPad case Anda setelah selesai.

Langkah berikutnya adalah memasang kancing jepret di bagian atas dan bagian tutup iPad case yang Anda buat. Untuk langkah ini, lebih mudah jika Anda menjahitnya dengan tangan.

Pasang dua buah kancing jepret, masing-masing di sisi kiri dan kanan.

Lanjutkan dengan memasang kancing di sisi depan tutup iPad case Anda sebagai pemanis dan pengaman tambahan. Beberapa mesin jahit seperti Brother FS-101 yang kita bicarakan tadi dapat membantu Anda memasang kancing secara otomatis.

Pasang satu buah kancing di bagian penutup, dan satu di bagian atas badan iPad case Anda.

Setelah kancing terpasang sempurna, waktunya untuk membuat tali pengikat. Selain kancing jepret di bagian sisi, Anda dapat menggunakan pengikat di bagian tengah untuk menutup iPad case Anda.

Bentuknya mirip dengan pengikat pada amplop coklat yang banyak tersedia di pasaran.

Cara membuat tali pengikatnya pun cukup mudah. Ambil benang wol secukupnya. Lipat jadi dua, kemudian buat simpul kecil di ujungnya.

Pasangkan ujung yang memiliki simpul pada kancing bagian atas badan iPad case Anda. Putar tali wol kemudian pasangkan ujung yang lain pada kancing bagian penutup.

Anda kini memiliki tablet case yang cantik untuk iPad Anda. Anda juga bisa menggunakan tutorial yang sama untuk membuat sarung untuk ponsel atau perangkat lain yang Anda gunakan.

Karena Felt adalah kain dengan permukaan halus, sarung ini dapat melindungi perangkat Anda dengan sempurna.

Admin: Sponsored Content
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas