Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Dampak Lagu Despacito yang Berbau Seksualitas terhadap Anak

Sejak dirilis pada Januari 2017 lalu, penonton video klip “Despacito” sudah mencapai 2,4 miliar orang.

Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Dampak Lagu Despacito yang Berbau Seksualitas terhadap Anak
YouTube
despacito_20170710_092022 

TRIBUNNEWS.COM - Saat ini, ada banyak perbincangan tentang lagu “Despacito”. Sejak dirilis pada Januari 2017 lalu, penonton video klip “Despacito” sudah mencapai 2,4 miliar orang.

Namun dalam lirik single lagu dari penyanyi terkenal asal Puerto Rico, Luis Fonsi ini mengandung arti dewasa yang berbau seksualitas.

Padahal lagu ini tengah ngetren di kalangan remaja dan anak-anak. Nah, sebagai orangtua, kita harus tahu dampak lirik lagu pada anak kita.

Masalah sebagian besar orangtua tidak tahu bahwa lirik lagu yang sedang tren saat ini justru menjual seksualitas.

Mereka tidak pernah mendengar musik yang anak-anak mereka karena anak-anak menggunakan earphone atau melakukannya secara sembunyi-sembunyi.

Padahal, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan tahun 2011, jumlah musik yang didengarkan oleh anak-anak berusia 8-18 tahun telah meningkat sebesar 45%.

Ada kemungkinan angka tersebut mendekati 50% saat ini. Lalu, apa dampak yang terjadi pada anak ketika mendengar lirik lagu berbau seksualitas?

BERITA TERKAIT

Untuk saat ini, dampak yang paling bisa dirasakanlah adalah salah memberi kesan tentang perilaku seksual teman sebayanya.

Di era, sebagaian besar remaja cenderung menganggap teman mereka terlibat dalam aktivitas seksial lebih banyak daripada sebenarnya. Padahal belum tentu benar.

Namun anggapan tersebut menyebabkan para remaja menantang diri mereka sendiri untuk meningkatkan aktivitas seksual untuk bermain “catch-up” atau kejar-kerajaan.

Mereka takut dianggap tidak cukup dewasa karena tidak melakukan apa yang mereka pikir teman mereka lakukan.

Jika orangtua tidak memerhatikan hal ini, maka masalah paling besar yang bisa diderita anak mereka adalah berisiko tertular penyakit menular seksual seperti herpes genital atau infeksi alat kelamin.

Jadi, cobalah mendengarkan musik yang anak Anda dengarkan agar nantinya mereka tidak terkena masalah.

Sumber: Intisari
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas